Bursa Indonesia Kembali Tertekan

Papan angka fluktuasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - Pasar modal Indonesia kembali terhempas, meski pada transaksi akhir pekan lalu tercatat sebagai bursa terbaik di Asia.

Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia pada akhir transaksi sesi pertama ditutup melemah 137,5 poin atau 4,02 persen ke level 3.288,85. Pelemahan tersebut melanjutkan posisi pagi ini, di mana IHSG dibuka turun 4,98 poin atau 0,15 persen di level 3.421,36.

Seorang Pria Penerima Ginjal Babi Pertama Dinyatakan Meninggal Dunia

Pelemahan itu juga merupakan yang terburuk dibanding indeks beberapa bursa di kawasan Asia.

Menurut analis PT BNI Securities, Akhmad Nurcahyadi, belum adanya kepastian mengenai upaya mengatasi krisis di wilayah Uni Eropa dan minimnya katalis bursa diduga menjadi pemicu penurunan IHSG.

Sementara itu, pelaku pasar juga masih menunggu penyampaian laporan keuangan kuartal III sejumlah emiten. "Kondisi itu mendorong investor kembali mengambil posisi wait and see daripada membeli," ujar Akhmad kepada VIVAnews.com di Jakarta, Senin 26 September 2011.

Dia memperkirakan, indeks pada awal pekan ini bergerak pada kisaran level 3.314,20 hingga 3.482,65.

Kemenag Banten Terima Kuota Limpahan Calon Jemaah Haji dari Lampung dan Jakarta

Meski demikian, analis lain mengatakan, penurunan indeks tidak serta merta karena pengaruh teror bom yang terjadi di Solo. "Namun demikian, investor tetap mencermati adanya aksi bom susulan," ujar analis PT Corfina Capital, Deni Hamzah kepada VIVAnews.com.

Dia mengakui, faktor utama yang mempengaruhi pergerakan pasar saham domestik adalah sentimen global dan pergerakan bursa kawasan regional.

Di pasar Asia, setelah dibuka melemah pagi tadi, sejumlah indeks bursa regional juga melanjutkan pelemahan siang ini. Indeks Shanghai Composite turun 27,54 poim (1,31 persen) dan Hang Seng melemah 417,36 poin atau 2,36 persen. Sementara itu, indeks Straits Times turun 51,34 poin (1,9 persen) dan Nikkei 225 melemah 159,68 poin (1,87 persen). (art)

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Catat Jadwal Drawing ASEAN Cup 2024, Timnas Indonesia Bisa Ketemu Thailand atau Vietnam

AFF sudah mengumumkan pembagian pot dan jadwal drawing ASEAN Cup 2024. Timnas Indonesia masuk dalam pot 2 dalam turnamen yang sebelumnya bernama Piala AFF ini.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024