Takar Risiko Sakit Jantung Lewat Kesuburan

Sinar Matahari Tingkatkan Kesuburan Pria
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Di balik kebanggaan menjadi seorang ayah, memiliki anak bisa meningkatkan kualitas kesehatan jantung pada pria.

Studi panjang yang dilakukan hampir satu dekade terhadap 135 ribu pria mengungkapkan bahwa mereka yang tidak memiliki anak berisiko lebih tinggi mengalami kematian dini akibat penyakit jantung dibandingkan mereka yang memiliki keturunan.

Para ilmuwan asal Amerika Serikat yang melakukan studi tersebut mengatakan bahwa temuan itu membuka pemahaman baru yang mengaitkan antara infertilitas dengan risiko penyakit jantung. Infertilitas menjadi petunjuk awal risiko penyakit jantung pada pria.

Pemimpin studi, Dr Michael Eisenberg dari Stanford University, California, mengatakan, pria yang bermasalah dengan kesuburan juga berisiko tinggi terhadap kanker jenis tertentu. "Ada bukti yang menunjukkan bahwa infertilitas mungkin menjadi kacamata untuk mendeteksi kesehatan pria," katanya. 

Seluruh responden yang dilibatkan dalam penelitian ini sudah menikah. Ini demi memperkuat analisis mengenai kemampuan mereka memiliki anak. "Kami tekankan bahwa studi kami bukan sekadar pria yang tidak memiliki anak, tapi yang bermasalah dengan kesuburan," ujarnya. (sj)

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu
Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

Nurul Ghufron Disesak Mundur karena Kembali Bikin KPK Gaduh

Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yudi Purnomo Harahap menyayangkan internal KPK kembali gaduh akibat sikap Wakil Ketua Nurul Ghufron yang melaporkan an

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024