Ical: Kenaikan TDL Bebani Sektor Industri

Aburizal Bakrie
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik pada 2012. Ketua Umum Golkar, Aburizal Bakrie menilai langkah itu tidak tepat karena bisa membebankan sektor industri sehingga tidak dapat berkompetisi di kancah global.

"Golkar menilai tidak waktunya menaikkan harga listrik. Kalau listrik berakibat ke industri kita, yang makin tidak bisa berkompetisi," kata Ical dalam dalam 'Diskusi Publik Pengelolaan Sektor Minerba dan Kelistrikan Nasional, Antara Harapan dan Realita' di Jakarta, Jumat 7 Oktober 2011.

Ical menuturkan, daripada menaikkan TDL, lebih baik menyesuaikan harga bahan bakar minyak subsidi. Menurutnya, 72 persen penikmat subsidi BBM adalah masyarakat kelas atas dan hanya 28 persennya dinikmati masyarakat miskin. "Lebih baik yang 28 persen kita balikkan ke rakyat dalam pendidikan, kesehatan, dan macam-macam yang bisa kita berikan ke masyarakat," katanya.

Ia mengungkapkan, saat dirinya menjadi Menteri Koordinator Perekonomian pada 2005 lalu, dirinya menaikkan harga BBM subsidi mencapai 114 persen tapi tidak ada gejolak. Sebab, waktu itu dirinya mengembalikan subsidi secara langsung untuk mengurangi beban biaya hidup masyarakat miskin.

Untuk menurunkan subsidi listrik tanpa menaikkan tarif listrik, Ical mengusulkan agar pembangkit istrik mesin diesel digantikan pembangkit hemat energi. Ia juga menyarankan agar pemerintah terus melakukan diversifikasi energi seperti kincir angin dan tenaga surya.

"Daerah timur, Sumba, Kupang dengan mudah kita laksanakan pembangkit listrik angin. Untuk Jawa, pada umumnya angin tidak cukup tapi kita punya ristek yang bisa diketahui apa yang harus dilakukan," ujarnya.

Ical menambahkan, untuk diversifikasi energi memang dibutuhkan biaya yang besar, namun itu akan semakin murah. Dengan catatan, Indonesia harus mandiri dalam pengelolaan energi sumber daya manusia untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh
Fuji dan Denny Sumargo

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

Sudah sering kali diramal, mantan kekasih Thariq Halilintar Fuji ini akhirnya mengaku capek dan risih. Tapi gimana jika diramal nikah dengan Mayor Teddy?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024