Impor Migas Bikin Surplus Perdagangan Turun

Hatta Rajasa jelang acara lamaran putrinya, Aliya Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa melihat terus menurunnya surplus perdagangan Indonesia bukan karena banyaknya perjanjian perdagangan bebas (FTA) dengan negara lain, melainkan terus meningkatnya impor migas.

"Penurunan surplus, kalau dibedah yang mengakibatkan kecil itu karena impor migas meningkat," kata Hatta di Indramayu, Rabu 12 Oktober 2011.

Tingginya impor migas ini membuat pertumbuhan ekonomi tidak baik. Ia mencontohkan pada kuartal II-2011 pertumbuhan industri manufaktur 6,6 persen, namun jika digabung dengan pertumbuhan sektor migas maka turun 6,1 persen.

Untuk itu, lanjut Hatta, pemerintah terus meningkatkan pembangunan petro kimia dan kilang untuk mengurangi ketergantungan impor migas seperti adiktif, bahan bakar minyak, dan petro kimia.

Menurut Hatta, pemerintah sudah menyiapkan perangkat keringanan pajak berupa tax holiday dan tax allowance untuk pembangunan pabrik petro kimia dan kilang.

Ia menegaskan pemerintah tidak perlu untuk mengkaji ulang FTA, karena FTA tersebut sudah berjalan. Khusus FTA Asean, hal tersebut sudah tercantum dalam kerangka keterikatan Asean dan sudah menjadi keputusan para pemimpin negara. (eh)

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan
Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Korea Selatan 11-10 lewat adu penalti dalam perempatfinal Piala Asia U23 Jumat 26/4.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024