Industri Hotel Kian Berkembang di Jakarta

The City Center Superblock
Sumber :
  • kgg.co.id

VIVAnews - Prospek industri perhotelan di Jakarta dan sejumlah kota lain di tanah air diprediksi kian cerah. Hal tersebut dipicu naiknya permintaan pesanan kamar hotel, yang diperkirakan terus bertumbuh seiring perekonomian Indonesia yang tengah stabil.

"Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, semua segmen hotel menikmati pertumbuhan positif dalam hal tarif harian rata-rata dan pendapatan per kamar yang tersedia," ujar Head of Department, Research & Advisory, Cushman & Wakefield, Indonesia, Arief Rahardjo, dalam keterangannya kepada VIVAnews.com di Jakarta, Jumat 14 Oktober 2011.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

Arief menambahkan, perkembangan ini terlihat pada industri hotel bintang tiga di kawasan Jakarta, yang sedang mengalami momentum lebih baik dibandingkan segmen di atasnya.

Menurutnya, pertumbuhan tarif rata-rata pada semester I-2011 mencapai 17,5 persen, sedangkan tingkat pendapatan per kamar yang tersedia meningkat 26,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.  

Sementara itu, tingkat hunian rata-rata pada semester pertama tahun ini mencapai 70,5 persen, yang menunjukkan pertumbuhan positif sebanyak 4,8 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Kendati demikian, Arief mengungkapkan, walaupun permintaan kamar hotel akan terus tumbuh di Jakarta, tetapi tarif kamar kemungkinan tertekan akibat peningkatan pasokan yang tinggi sepanjang 2012 – 2015.

"Pasokan kamar hotel yang besar ini akan menyebabkan sedikit penurunan tingkat hunian di 2012, karena serapan dari hotel-hotel yang baru tersebut," tuturnya.

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal
Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

Bagi Anda yang ingin merasakan ketangguhan dan kemewahan Pajero Sport generasi ketiga tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasar mobil bekas menawarkan pilihan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024