Antam Jual Emas Lebih Banyak Tahun Ini

Transaksi Emas Antam.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - PT Aneka Tambang Tbk menargetkan penjualan emas pada akhir tahun ini bisa mencapai 6 ton. Jumlah tersebut lebih tinggi dari target yang dibidik perusahaan pertambangan pelat merah itu.

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk, Alwin Syah Loebis di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 10 November 2011.

Alwin Syah mengungkapkan, perusahaan optimistis penjualan emas pada tahun ini akan melampaui target. Optimisme itu setidaknya terlihat dari pencapaian yang telah diperoleh perusahaan pada kuartal III-2011.

5 Pemain Timnas Indonesia, Dulu Populer Kini Terlupakan

Selama sembilan bulan pertama 2011, Antam telah menjual sekitar 5,8 ton emas. Jumlah tersebut telah melampaui target yang dipatok perusahaan hingga akhir 2011 sebanyak 5,3 ton.

Selain emas, Antam berencana untuk terus menggenjot produksi nikel. Hingga kuartal ketiga tahun ini, produksi bahan tambang ini masih sekitar 71 persen dari target. "Kami berencana agar bisa mencapai lebih dari 101-102 persen dari target produksi dan penjualan," ujar Alwin.

Seperti diketahui, hingga kuartal III-2011, Antam mencatat volume penjualan feronikel sebanyak 14.985 ton nikel dalam feronikel (TNi). Untuk memenuhi permintaan, ketiga pabrik feronikel Antam beroperasi optimal dengan capaian produksi sebanyak 14.990 TNi.

Harga feronikel sendiri mengalami kenaikan sebesar 14 persen menjadi US$10,80 per ton.

Sementara itu, Direktur Keuangan Antam, Djaja Tambunan, mengungkapkan, anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) perusahaan pada 2013 akan lebih kecil dibanding 2012. 

PT Timah Rombak 2 Jajaran Direksi, Ahmad Dani Ungkap Fokus Perbaikan Bisnis

Pada 2013, Antam menganggarkan belanja modal sebesar US$280 juta atau setengah dari anggaran pada tahun depan sebesar US$580 juta. "Investasi yang besar tahun depan, sedangkan pada 2013 akan turun," kata Djaja.

Dia menjelaskan, anggaran investasi perusahaan pada 2013 akan difokuskan pada optimalisasi, pembebasan lahan, dan pembelian alat berat. "Karena mengingat Undang-Undang Minerba, Antam harus mengerjakan sendiri," ujar Djaja.

Sementara itu, pada tahun ini, Djaja mengungkapkan, realisasi pemakaian belanja modal baru mencapai 50 persen. "Belanja modal perusahaan tercatat sebesar US$320 juta. Hingga semester I-2011 baru terealisasi sekitar 50 persen," kata. (art)

Little Tokyo Blok M

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Beberapa destinasi di Jakarta bisa masuk dalam list untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi tempat liburan long week end Jakarta berikut ini!

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024