PU: Jembatan Runtuh Bukan Ditabrak Tongkang

Jembatan Kutai Kartanegara runtuh
Sumber :
  • REUTERS/Rizal Adi Nugroho

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum membantah ambruknya jembatan Mahakam II di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, karena tertabrak kapal ponton pembawa batu bara. "Memang beredar kapar seperti itu, tapi tidak benar," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Djoko Murjanto saat Konferensi Pers di Kementerian PU, Jakarta, Senin 28 November 2011.

Ponton atau tongkang adalah suatu kapal dengan lambung datar, digunakan untuk mengangkut barang dan ditarik dengan kapal tunda.

Memang, Djoko membenarkan bila Sungai Mahakam sering dilalui kapal ponton pengangkut batu bara. Namun, tidak pernah ada kapal yang menabrak tiang jembatan itu. "Apalagi jembatan dikelilingi dengan fender, sehingga cukup kuat," kata Djoko.

Djoko juga menegaskan bahwa tidak ada bekas tabrakan ponton di kaki-kaki jembatan gantung terpajang di Indonesia ini. "Saya lihat sendiri, tidak ada bekas tabrakan" ujarnya.

Jembatan Kutai Kartanegara ambruk sekitar pukul 17.30 WITA atau 16.30 WIB, Sabtu, 26 November 2011. Jembatan yang melintasi Sungai Mahakam di Kalimantan Timur itu runtuh saat tengah ramai dilewati kendaraan.

Menurut saksi mata yang melihat malapetaka itu, ambruknya jembatan itu bisa jadi disebabkan sering tertabrak sejumlah kapal ponton ketika mengangkut hasil batu bara. Kata dia, sejak itu besi dan tiang jembatan mulai goyang. Upaya perbaikan jembatan pun, sambung Yohanes, baru dilakukan saat ini. (eh)

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya
Kantor Desa Barabali di Lombok disegel warga buntut dugaan korupsi beras Bansos (Satria)

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

Kantor Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, disegel oleh ratusan warga buntut kasus dugaan korupsi beras miskin dari pemerintah pusat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024