KPK: Korupsi Ditindak, Indonesia Tetap Korup

Pendidikan Anti Korupsi
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews – Wakil Ketua KPK Haryono Umar prihatin penindakan terhadap kasus korupsi tak memengaruhi Indeks Persepsi Korupsi (IPK). Oleh karena itu, fokus kerja KPK akan diarahkan pada perbaikan pelayanan terhadap masyarakat.

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia kini bergerak naik ke angka 3, setelah sebelumnya 2,8. Namun peningkatan IPK itu, kata Haryono, tak dipengaruhi oleh banyaknya penindakan yang dilakukan KPK.

“Hebatnya, meski banyak penindakan, Indonesia tetap dianggap negara paling korup,” ujar Haryono dalam forum diskusi bersama Fraksi PPP di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 5 Desember 2011.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Penyebabnya, lanjut Haryono, indeks tersebut berkenaan dengan anggapan masyarakat terhadap sektor pelayanan publik yang masih marak dengan praktek-praktek suap.

“Indonesia masih dianggap negara korup karena pesepsi masyarakat dan dunia usaha tentang pelayanan publik kita masih ada suap,” jelas Haryono. Meskipun suapnya hanya Rp10 ribu di tingkat kantor pedesaan misalnya, tutur Haryono, tapi jika terjadi di seluruh Indonesia, maka persepsi sebagai negara terkorup akan tetap ada.

“Kalau Bapak-Ibu datang di perizinan, kadang-kadang cuma kasih Rp10 ribu atau Rp20 ribu. Begitu ditanya masyarakat, mereka pasti katakan di situ banyak suapnya,” papar Haryono. Oleh karena itu, ujarnya, KPK menilai bahwa sektor pelayanan publik adalah yang utama untuk segera dibenahi.

Untuk itu, KPK mengharapkan dukungan dari semua pihak, termasuk DPR, untuk memperbaiki sektor pelayanan publik ini. “Salah satu yang kita lakukan perbaiki pelayanan publik. Perlu ada kontribusi DPR untuk ikut memperbaiki,” tambah Haryono.

Tahun lalu, kata Haryono, KPK telah memperbaiki sektor pelayanan publik di 10 kota. Ke depannya, upaya perbaikan pelayanan publik akan terus dilakukan. “Tahun depan DPR sudah memberikan anggaran Rp24 miliar bagi KPK untuk memperbaiki pelayanan publik, dan itu tentu tidak bisa dilakukan KPK sendirian,” ujar dia. (umi)

Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024