Pengalaman Dahlan Hapus Aset Tak Berguna

Mantan Meneg BUMN Dahlan Iskan [CLOSE UP]
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

VIVAnews - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, berbagi pengalaman dengan para direksi dan komisaris perusahaan pemerintah perihal cara menyiasati aset tak berguna seperti alat berat yang sudah rusak, namun membebani keuangan perusahaan.

"Saya pernah punya pengalaman untuk penghapusan (hapus buku) aset dalam bentuk alat berat yang rusak, itu susahnya minta ampun," kata Dahlan Iskan dalam Rapat Koordinasi BUMN di Jakarta, Senin 12 Desember 2011.

Dahlan menceritakan, ketika dirinya menjabat sebagai direktur utama PT Perusahaan Listrik Negara, perusahaan kala itu memiliki aset berupa mobil yang sudah rusak. Saking parahnya, ban dan setir mobil tersebut sudah tidak ada lagi. "Itu membuat halaman kantor jelek," kata dia.

Upaya Dahlan untuk menghapus aset tersebut ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Di sisi lain, perusahaan harus menanggung biaya parkir untuk mobil tersebut yang setiap tahunnya terus meningkat.

Guna menyiasati persoalan tersebut, Dahlan pun mencari cara yang lebih mudah dan ongkos lebih murah.  

Dahlan berjanji, Kementerian BUMN akan membahas secara khusus mengenai penghapusan aset perusahaan BUMN untuk membedakan aset dalam bentuk tanah dan alat berat yang telah rusak. (art)

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu
Anies Baswedan menghadiri halal bihalal dan Milad ke-22 PKS

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Sejumlah tokoh parpol hingga tokoh nasional hadir di acara halal bihalal dan Milad PKS ke-22 di kantor DPP PKS

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024