Dahlan: Perumnas Akan Diubah Jadi PT

Gedung Perum PERUMNAS
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan bahwa untuk memperbesar peran Perumnas diperlukan dua langkah. Dua langkah ini merupakan perubahan mendasar.

Menurut Menteri BUMN, Dahlan Iskan, langkah pertama adalah Perumnas perlu untuk mengubah struktur perusahaannya menjadi perseroan terbatas (PT).

"Artinya, dengan menjadi PT, perusahaan akan bisa berkembang," ujar Dahlan saat ditemui kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu 14 Desember 2011.

Langkah kedua, Dahlan melanjutkan, adalah dengan mengubah peraturan pemerintah (PP) mengenai anggaran dasar. Menurut dia, pada peraturan tersebut terdapat anomali mengenai pengambilan keputusan para direktur.

"Misalnya, direktur utama mengambil keputusan harus minta izin
direktur-direkturnya dulu. Tapi, kalau direktur yang membuat keputusan, tidak perlu izin direktur utama. Nah, peraturan seperti itu tidak akan membuat Perumnas jadi besar," tuturnya.

Perubahan struktur menjadi PT ini, dia menambahkan, diusahakan akan terwujud pada tahun mendatang.

Dahlan turut menyatakan bahwa Indonesia memerlukan dua perusahaan dalam mengurus properti BUMN. Sebab, properti yang dimiliki oleh BUMN sangat banyak. "Propertinya BUMN pada dasarnya besar sekali, cuma belum dikelola secara korporasi," tuturnya. (art)

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib
Air Terjun Victoria, Zimbabwe.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Para ilmuwan di Australia memicu perdebatan setelah mengklaim telah menemukan rumah leluhur semua manusia modern.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024