Urus Properti, PT KA Bakal Makin Untung

Logo baru PT Kereta Api
Sumber :
  • Antara/ M Risyal Hidayat

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan PT Kereta Api dalam upaya meningkatkan keuntungan perlu untuk melakukan diversifikasi usaha.

Menurut Menteri BUMN, Dahlan Iskan, PT KA perlu untuk menambah bidang usaha dengan mengurus properti miliknya. Sebab, properti yang dimiliki PT KA tergolong besar.

"Propertinya banyak sekali dan strategis semua," ujar Dahlan saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu 14 Desember 2011.

Dahlan melanjutkan, jika PT KA tetap dengan usaha konservatifnya, yakni mengandalkan penjualan karcis kereta, maka tidak akan memperoleh tambahan keuntungan. Dia lalu mencontohkan perusahaan kereta api di Hong Kong yang turut mengelola sektor properti.

"Di seluruh dunia, kereta api itu tidak bisa untung dari jualan tiket, pasti dari pengelolaan propertinya," tuturnya.

Penambahan keuntungan ini, dia menambahkan, perlu dilakukan dalam memperlancar kinerja perusahaan. "Jangan sampai kereta api ini jelek karena tidak pernah bisa punya uang, sehingga tidak bisa melayani penumpang dengan baik. Tidak bisa memperbaiki keretanya karena tidak punya uang," tuturnya. (art)

Kompak Rayakan Ulang Tahun Bareng Anak, Gading Marten dan Gisel Dicurigai Rujuk Lagi
Polisi saat mengamankan salah satu pelaku penganiaya bayi 10 bulan.(dok Polda Sumut)

Dipicu Emosi, Ayah Tiri Aniaya Bayi 10 Bulan Hingga Tewas

Teka-teki kematian bayi berusia 10 bulan diduga tewas dianiaya, berhasil diungkap Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara. Dalam kasus ini, petugas kepolisi

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024