BBM Naik di 2012, Inflasi Capai 5,7 Persen

Darmin Nasution Ikuti Uji Kelayakan Cagub Bank Indonesia
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, memperkirakan inflasi pada 2012 mendatang akan bergantung pada kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) ataupun pembatasan BBM bersubsidi.

"Kalau BBM subsidi dibatasi, maka inflasi akan bergerak 5,2-5,7 persen. Masih rendah kalau lihat inflasi beberapa tahun terakhir," kata Darmin Nasution, dalam sambutannya, pada Investor Awards, di Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu malam, 14 Desember 2011.

Itu adalah salah satu tantangan dan hambatan yang harus diatasi di 2012 sebagai bagian dari assasement BI. Namun, Darmin menuturkan bahwa Indonesia patut berbangga bahwa ditengah ketidakpastian ekonomi global, masih menunjukkan kinerja yang baik.

"Istilah pasar risk off risk on, dari persepsi para 'pemain' ekonomi dunia dan kita berhasil menunjukkan kinerja yang baik. Saya kira itu sesuatu yang lama tidak pernah kita alami," ungkapnya.

Pada 1998 lalu, kata Darmin, Indonesia mengalami pukulan yang sangat berat dalam sektor perekonomian. Sehingga, sejak saat itu Indonesia belajar banyak untuk berjuang melewati masa-masa krisis seperti itu. "Di negara-negara maju justru sekarang sedang menjadi persoalan," kata dia.

Jika diukur dari tingkat kesehatan bank, maka perbankan Indonesia dalam kondisi yang baik. CAR perbankan Indonesia diatas 17 persen padahal yang dibutuhkan hanya delapan persen. "NPL jauh dari yang di khawatirkan pada lima persen, kita dua persen," ungkapnya.

Kemudian, lanjut Darmin, pertumbuhan Indonesia dipercayai oleh dia bisa mencapai 6,5 persen meskipun sebenarnya bisa lebih tinggi dari angka itu. "Itu pun sudah kinerja yang cukup membanggakan, terlebih ekonomi kita di topang oleh sektor konsumsi, investasi dan ekspor," katanya.

Delegasi World Water Forum Mulai Tiba di Bali 15 Mei, Imigrasi Siapkan Jalur Khusus
Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari.

Ernando Ari Bersyukur dengan Pencapaian Timnas Indonesia U-23 tapi Belum Puas

Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari mengaku bersyukur bisa masuk dalam skuad Garuda Muda yang berhasil menembus semifinal Piala Asia U 23 di Qatar

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024