Jembatan Sunda Hari Ini Mulai Dirumuskan

Jembatan Selat Sunda
Sumber :
  • PT Bangungraha Sejahtera Mulia

VIVAnews - Pembangunan mega proyek Jembatan Selat Sunda resmi dimulai. Ini seiring dengan keluarnya Peraturan Presiden No 86 Tahun 2011 tentang Pengembangan Kawasan Strategis dan Infrastruktur Selat Sunda, 2 Desember. "Ini sudah resmi berjalan," kata pakar infrastruktur jembatan, Wiratman Wangsadinata, di kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, 15 Desember 2011.

Prof. Wiratman merupakan orang yang ditunjuk sebagai konsultan pembangunan jembatan penghubung Pulau Jawa dan Sumatera itu.

Sebagai langkah awal, kata Wiratman, saat ini dia tengah memulai pra-studi kelayakan dan menyelesaikan desain fisik jembatan. Wiratman mengaku diberi waktu dua tahun untuk menyelesaikan studi kelayakan dan desain basik jembatan. "Lalu pembangunan fisik bisa dilaksanakan pada 2014," kata Wiratman.

Pembangunan ini bisa dikejar sesuai target Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu pembangunan fisik dimulai pada 2014, sebelum dia lengser dari jabatannya.

Jembatan yang membutuhkan investasi ratusan triliun rupiah ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Sumatera dan Jawa, khususnya Banten. "Manakala sudah rampung pembangunannya, kawasan Banten dan Lampung jadi kawasan ekonomi baru," kata Presiden Yudhoyono. (ren)

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh
Fuji dan Denny Sumargo

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

Sudah sering kali diramal, mantan kekasih Thariq Halilintar Fuji ini akhirnya mengaku capek dan risih. Tapi gimana jika diramal nikah dengan Mayor Teddy?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024