Investment Grade Dari Kaca Mata Pengusaha

Sofjan Wanandi, Ketua Umum APINDO
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia, Sofjan Wanandi, menyatakan bahwa manfaat investment grade dapat dirasakan secara maksimal bila Indonesia menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Jika tidak, niscaya para investor akan segan berinvestasi.

"Kita itu potensi-potensi saja, tetapi secara rill orang tidak mau masuk," kata dia, saat ditemui di Hotel Crown Plaza, Jakarta, Senin 19 Desember 2011.

Dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, tambah Sofjan, seperti keamanan, birokrasi, pertanahan dan masih banyak lagi, diperlukan peran semua pihak di dalamnya. "Saat ini, politik ribut, orang dipotong kepalanya. Itu kan menurut saya sangat menyedihkan kita," tuturnya.

Sofjan menekankan, permasalahan pertanahan seharusnya menjadi fokus pembenahan. Sejauh ini, sertifikasi pertanahan hanya berkisar di 20 persen. "Sisanya perkara semua. Itu yang membuat orang bunuh membunuh, karena permasalahan pertanahan kita tidak pernah selesai," ujarnya.

Undang-undang Agraria saat ini, menurutnya, sudah tidak sesuai dengan kondisi kekinian. "UU Argraria pada tahun 60-an itu sudah perlu kita ubah tapi tidak kita ubah-ubah. Karena di situ, kepentingan terlalu banyak dan calo juga banyak," kata Sofjan.

Selain itu, Sofyan melanjutkan, pemerintah ke depan juga perlu untuk mengubah UU mengenai Tenaga Kerja dan Tata Kelola Ruang agar menjadi jelas bagi para investor.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh
Fuji dan Denny Sumargo

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

Sudah sering kali diramal, mantan kekasih Thariq Halilintar Fuji ini akhirnya mengaku capek dan risih. Tapi gimana jika diramal nikah dengan Mayor Teddy?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024