Pimpinan Banggar DPR Jadi Saksi Kasus Suap

Mantan Wakil Ketua Badan Anggaran DPR Tamsil Linrung
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

VIVAnews – Wakil Ketua Badan Anggaran DPR Tamsil Linrung bersaksi untuk terdakwa kasus suap pencairan Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (DPPID) untuk kawasan transmigrasi, Dadong Irbarelawan, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Dalam kesaksiannya, Tamsil mengatakan terkait penjelasan mekanisme dana PPID tahun 2011, ia diminta langsung oleh Iskandar Pasajo atau yang akrab disapa Acos. Acos sendiri, kata Tamsil, adalah koleganya di sebuah organisasi Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI).

“Posisi saya diminta Acos, bahwa Pak Djoko (Dirjen P2KT) minta ketemu untuk menjelaskan program itu (PPID) di Hotel Crown,” kata Tamsil Linrung di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 28 Desember 2011.

Atas permintaan Acos, ia merespons positif untuk memberikan penjelasan, namun harus menggunakan mekanisme yang benar yaitu dengan mengajukannya ke Kementerian Keuangan. Menurut Tamsil, program untuk pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) tidak bisa diusulkan di APBN 2011, karena pembahasannya sudah ditutup.

“Dia (Djoko) memberikan penjelasan dan mengusulkan supaya anggaran  programnya bisa diakomodir di APBN 2011. Saya bilang tidak bisa karena sudah diketok, sudah ditutup. Kalau mau pakai APBN Perubahan (bisa) tapi melalui Kemenkeu,” terangnya.

Akhirnya disepakati hal itu dibahas pertemuan berikutnya di Cikopo, Bogor, pada 13 Juli 2011. Dalam pertemuan yang dihadiri pimpinan Banggar DPR Tamsil Linrung dan Olly Dondokambey, serta Dirjen Perimbangan Keuangan Marwanto dan Pramudio, mereka membahas penganggaran APBN-P yang hasilnya diketahui bahwa di dalamnya ada anggaran untuk belanja transfer daerah, termasuk Dama PPID, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, serta dana sektor pendidikan dan transmigrasi.

“Jadi dalam rapat ini (di Cikopo), karena pengajuan dana lebih besar, sementara budget kita kurang dari itu, kita rapatkan dengan pemerintah. Disepakati dibawa ke panja asumsi, pemerintah pusat, dan transfer daerah,” jelas politisi PKS itu. (eh)

Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024