Target Transaksi Turis Lokal Rp171,5 Triliun

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, menargetkan pada tahun ini potensi wisatawan domestik bisa mencapai 128 juta orang, dengan nilai transaksi sebesar Rp171,5 triliun.

"Pencapaian 2011 sebesar Rp115 triliun, itu sampai triwulan ketiga. Target 2011 Rp154 triliun dan target 2012 mencapai Rp171,5 triliun," kata Mari Elka Pangestu ketika berbincang dengan VIVAnews.com di Jakarta.

Meskipun angka nilai transaksi untuk 2011 belum didata secara keseluruhan, namun Mari yakin target yang dibuat pada 2011 itu akan tercapai. "Kita belum dapat angkanya, tercapai atau tidak tapi kalau dari perjalanannya tercapai," ujarnya.

Untuk wisatawan asing, ia menargetkan pada 2012 akan dapat mendatangkan delapan juta orang atau naik dari jumlah wisatawan asing pada 2011 yang mencapai 7,6 juta orang. "Nilainya sekitar Rp8 miliar, tetapi bisa mendekati target kita di Rp9 miliar," ungkapnya.

Mari melanjutkan, jika dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, industri pariwisata mempunyai kontribusi langsung terhadap PDB sebanyak tiga persen.

"Tapi, kalau kontribusi tidak langsung itu sekitar 8-9 persen. Jadi, itu multiplier effect. Misalnya, kalau ada turis beli suvenir dapat menghidupkan masyarakat sekitar daerah wisata," kata dia.

Namun, Mari mengaku pada 2012 ini, kontribusi langsung maupun tidak langsung terhadap PDB itu tidak dapat mencapai double digit. "Nggak lah, belum sampai double digit kalau kontribusi PDB, tetapi cukup besar kalau kita bilang 8-9 persen," tuturnya. (ren)

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23, Irak Paksa Vietnam Angkat Kaki
Meisya Siregar dan Bebi Romeo.

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Pasangan Meisya Siregar dan Bebi Romeo akhirnya bisa melunasi utang kredit pemilikan rumah (KPR). Setelah sekian lama menyicil rumah yang dihuni, kini bisa bernapas lega.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024