Kuartal I, BEI Yakin Tambah 4 Emiten Baru

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) optimistis sebanyak empat perusahaan akan mencatatkan sahamnya (listing) sebagai emiten baru pada kuartal pertama 2012. Hari ini, PT Minna Padi Investama Tbk (PADI) menjadi pembuka dari emiten baru BEI itu di tahun naga.

"Jika masuk dengan menggunakan data laporan keuangan auditan Desember, paling cepat akhir Februari atau awal Maret," kata Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia, Eddy Sugito, ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Senin, 9 Januari 2012.

Eddy menuturkan, target BEI untuk emiten yang akan listing di 2012 tetap berjumlah 25 emiten. Dengan target tersebut, direksi BEI memperkirakan pada kuartal pertama ini akan terdapat empat emiten lagi. "Lihat di kuartal pertama, saya kira beberapa sudah diproses sampai dengan Desember. Tinggal beberapa, perkiraan saya kira-kira empat itu," ujarnya.

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Sementara itu, Direktur Utama PT Ciptadana Securities, Ferry Budiman Tanja, menilai peluang untuk menambah jumlah emiten di BEI pada tahun ini masih terbuka lebar. Sejumlah sektor yang memiliki prospek positif pada tahun ini adalah barang konsumsi (consumer), logistik, dan infrastruktur.

Ciptadana pada saat ini tengah memproses dua perusahaan yang akan segera melantai di BEI. "Kawasan industri kan sekarang lagi bagus. Nilainya sekitar Rp300 miliar dan berencana melepas 20 persen saham," kata dia.

Ferry menuturkan, tujuan perusahaan yang bergerak di bisnis kawasan industri itu melakukan IPO adalah untuk ekspansi usaha. Perusahaan tersebut berlokasi di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Selain perusahaan pengembang kawasan industri tersebut, Ciptadana juga tengah memproses IPO perusahaan dari sektor pertambangan. Perusahaan tersebut menargetkan perolehan dana sebesar Rp1 triliun.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

"Targetnya semester II-2012. tapi kalau pasarnya jelek, bisa kami tunda. Yang menangani ada dua. Kami dan asing," kata Ferry yang enggan menyebut secara rinci nama kedua perusahaan itu.

Sebagai informasi, Ciptadana merupakan salah satu perusahaan yang menjadi penjamin emisi proses IPO PT Minna Padi Investama Tbk (PADI) yang hari ini mencatatkan saham perusahaan di BEI sebagai emiten pertama di 2012. (art)

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai
Bakal calon bupati Ebert Ganggut didampingi tokoh adat mendaftar ke PAN

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur kental nuansa adat. Menyerahkan sebotol tuak dan ayam jago

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024