Bangun Rumah Tipe 36, Ini Syarat Pengembang

Ilustrasi rumah
Sumber :
  • www.kemenpera.go.id

VIVAnews - Pemerintah berencana untuk mewajibkan pengembang membangun perumahan dengan luas minimal 36 meter persegi hingga Maret mendatang, dari sebelumnya Januari 2012.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Lembaga riset dan konsultan properti, Colliers International, mengusulkan, jika pemerintah menetapkan standar tersebut, sebaiknya harus diikuti dengan pemberian subsidi mulai dari tanah dan jangan membebankan kepada swasta.

"Sebenarnya, pemerintah yang mensubsidi cukup banyak untuk tipe itu, yakni mulai dari lahan. Nah, pengembang tinggal bangun saja," kata Associate Director Office Services, Colliers International, Sutrisno R Soetarmo kepada VIVAnews.com di Jakarta, Senin 9 Januari 2012.

Sebab, Sutrisno melanjutkan, selama ini para pengembang yang selalu membebaskan lahan. "Mestinya pemerintah," katanya.

Sementara itu, terkait adanya isu standardisasi rumah harus tipe 36 diikuti dengan kenaikan gaji para pegawai, Sutrisno mengaku susah untuk dilakukan karena beban pemerintah sudah besar.

"Kalau gaji agak susah dinaikkan, karena beban pemerintah sudah besar. Mau nggak mau, ada subsidi pemerintah seperti dalam bentuk CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) untuk subsidi ke masyarakat kecil," ujarnya.

Selain itu, menurut Sutrisno, sebagai penyelenggara negara, pemerintah harus bersedia mensubsidi pembangunan infrastruktur pendukungnya.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

"Tidak masalah, kalau lokasinya agak jauh. Asal, pemerintah menyiapkan jalan, ya infrastrukturnya seperti akses transportasi. Sebab, kalau disuruh swasta lagi tidak akan mau, karena swasta kan orientasinya cari untung," katanya. (art)

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024