RI Bakal Jadi Pasar Timah Internasional

ilustrasi pertambangan
Sumber :

VIVAnews - Dukungan untuk membentuk pasar timah internasional di dalam negeri terus mengalir. Setelah PT Timah Tbk dan PT Kobatin sepakat menjual hasil produksi timahnya melalui bursa ICDX dengan kode INATin, kini giliran sejumlah pengusaha smelter di Bangka Belitung mengalirkan dukungannya.

ICDX adalah pasar derivatif untuk produk timah yang memperdagangkan timah produksi Indonesia dengan kode INATin.

Menurut Presiden Asosiasi Timah Indonesia (ITA), Hidayat Arsani, sebelumnya ITA yang menaungi lebih kurang 20 pengusaha smelter di Bangka Belitung, menolak untuk menjual hasil produksinya melalui ICDX. 

"ITA mengusulkan agar kode INATin diganti dengan nama lain yang lebih mewakili karakter pulau Bangka Belitung. Harapannya, nama kepulauan Bangka Belitung sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia, turut mendunia seiring kian populernya produk timah asal Indonesia," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 11 Januari 2012.

Hidayat menuturkan, pembentukan pasar timah internasional di Indonesia merupakan langkah strategis, mengingat Indonesia adalah pengekspor timah terbesar di dunia.

Terpopuler: Jawaban Mamah Dedeh Soal Menantu Perempuan, Persiapan Penting Sebelum Menikah

Selain itu, dia menambahkan, dalam kenyataannya, Indonesia tidak berdaya menghadapi ulah para spekulan yang kerap mempermainkan harga. "Dengan adanya pasar timah internasional di Indonesia, seluruh produsen timah berharap agar harga timah bisa terkendali," kata Hidayat.

Tentunya, dia menambahkan, dengan terkendalinya harga timah, seluruh produsen timah Indonesia, seperti PT Timah Tbk tidak lagi merugi terus menerus. Dengan begitu, para produsen timah Indonesia bisa melaksanakan kewajibannya, mulai dari reklamasi hingga membiayai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Sementara itu, terkait pergantian nama, Direktur Utama PT TimahTbk yang juga ditunjuk sebagai Ketua Pembentukan Bangka Tin Market, Wachid Usman, menyatakan bahwa pihaknya tidak keberatan. "Karena perubahan tersebut hanya pergantian kode transaksi di ICDX saja," ungkapnya.

Untuk itu, dia melanjutkan, pada 12 Januari 2012 akan digelar paparan publik guna menyosialisasikan perubahan kode transaksi tersebut. "Mengenai nama pengganti bagi kode transaksi INATin, mudah-mudahan dalam satu dua hari ini sudah menemukan nama yang tepat untuk pengganti INATin," ujar Wachid.

Pada kesempatan tersebut, Wachid juga menjelaskan bahwa terbentuknya pasar timah internasional di Indonesia melalui ICDX adalah langkah awal untuk menciptakan pasar timah internasional di Bangka Belitung.

Namun kendalanya, menurut dia, selain kekurangan sumber daya manusia, untuk saat ini infrastruktur pun masih dianggap belum memadai. "Semua tergantung kesiapan kita. Bisa hari ini, besok atau tahun depan. Tetapi selama belum siap, kita tetap menjual produk timah melalui ICDX," ungkap Wachid. (art)

Pemain Timnas Indonesia U-23  Muhammad Ferarri

Cek Fakta: Timnas Indonesia U-23 Dibela Ronaldo dan Messi Akibat Dicurangi Wasit di Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 disebut dibela Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi akibat dicurangi wasit di Piala Asia. Benarkah hal tersebut?

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024