Denrasimun

Mencermati Harga-harga Ganjil di Pasar Modern

Peningkatan Keuntungan Carrefour
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Vlog - Jika Anda berjalan-jalan ke pasar modern dan melihat berbagai macam produk yang dijual, seperti di supermarket, toserba, hypermart, departement store dan yang sejenisnya, maka seringkali kita melihat model harga dengan harga yang aneh.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Mengapa aneh? Karena harga yang ditawarkan oleh pasar modern menggunakan harga ganjil yang secara umum angka-angka tersebut sering kita abaikan. Misalnya, harga sebuah sabun mandi Rp2.999 atau harga sebuah sebuah ballpoint Rp1.995 dan sebagainya. Penetapan harga yang berakhiran ganjil seperti model di atas dalam dunia pemasaran diistilahkan dengan odd prices atau magic prices.

Dari berbagai sumber yang pernah saya baca, bahwa odd price pada awalnya digunakan oleh ritel di Amerika Serikat yang bertujuan untuk mengurangi ketidakjujuran para kasir. Di samping itu dengan odd prices diharapkan pembeli akan tertarik, kesan harga lebih murah menjadi daya tarik sendiri bagi si pembeli.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024