Proyek Rel Kereta Bandara Dimulai Tahun Ini

Terminal II Bandara Internasional Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Proyek rel kereta api Bandara Soekarno Hatta-Manggarai, Jakarta, ditargetkan pemerintah segera digarap pada tahun ini. Saat ini, sedang dilakukan penelitian dan persiapan penambahan rel dari satu jalur menjadi dua jalur.

"Saat ini sedang persiapan tender. Kalau tendernya misalkan Maret oke, April sudah bisa jalan proyek pemasangan double track (jalur ganda) dari sebelumnya single track (satu jalur)," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan, kepada VIVAnews.com di Jakarta, Selasa.

Menurut Bambang, proyek tersebut ditargetkan pemerintah berjalan pada tahun ini dan selesai pada tahun depan. "Jadi, dikebut," tuturnya.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Dia mengungkapkan, Kementerian Perhubungan dalam menggarap proyek tersebut tidak sendirian, tetapi bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia. "Jadi, nanti untuk jalur 5-6 kilometer mendekati bandara, yaitu dari Tanah Tinggi hingga Bandara Soekarno-Hatta yang mengerjakan PT KA," ujar Bambang.

Sebelumnya, proyek rel kereta bandara ini awalnya akan dibangun dengan rute Manggarai-Pluit-Bandara dengan investasi Rp10,7 triliun. Namun, tidak ada investor yang berminat membangun proyek tersebut.

Akhirnya, BUMN melalui PT KA membuat terobosan dengan memanfaatkan jalur yang sudah ada, Manggarai-Tangerang, ditambah jalur baru sehingga nilai investasinya di bawah Rp2 triliun.

Dukcapil DKI Catat Ratusan Ribu Warga Pemegang KTP Jakarta Tinggal di Bodetabek
Konferensi Pers

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Aktor dan aktris ternama Tanah Air, Nicholas Saputra dan Putri Marino disatukan dalam film The Architecture of Love, produksi Starvision tayang di bioskop 30 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024