Demo Buruh, Pengusaha Rugi Miliaran

aksi demo buruh di bekasi
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Pengusaha mengaku merugi hingga miliaran rupiah akibat demo buruh yang terjadi di Bekasi akibat konflik penentuan Upah Minimum Kabupaten (UMK) dengan pengusaha beberapa waktu terakhir.

Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), termasuk Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Industri Alas Kaki Indonesia (Aprisindo), Binsar Marpaung, mengklaim merugi hingga miliaran rupiah akibat berhentinya proses produksi alas kaki.

"Efek gangguan produksi, alas kaki akan terhambat, ini akan merugikan pengusaha dan buruh, bisa miliaran," kata Binsar, di Jakarta, Jumat, 27 Januari 2012.

Ia mengatakan meski anggota Apresindo lebih banyak di wilayah Tangerang dan Banten, namun ada beberapa perusahaan yang juga berada di wilayah Bekasi. Akibat demo ini, Binsar mengaku kerugian yang diakibatkannya karena keterlambatan penyerahan barang yang harus dikirim melalui udara. "Ekspor yang terganggu, alas kaki kan ekspor," kata dia.

Begitu pula dijelaskan oleh Committee of Manpower, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Mulyadi Djaya. Dia mengatakan perusahaan industri tekstil di wilayah Bekasi cukup banyak yang merugi akibat konflik ini.

"Di kawasan berikat cukup banyak ada 50-an perusahaan anggota industri tekstil, bahkan ada ratusan industri," kata Mulyadi.

Dia mengatakan, kerugian akibat demo ini yang diderita oleh industri tekstil belum dapat dihitung. Namun Mulyadi memperkirakan kerugian bakal mencapai miliaran rupiah.

"Terutama kalau ekspor ya, kita nggak bisa kirim kan. Cukup tinggi sampai miliaran," kata dia. (umi)

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024