Pemerintah Siapkan Formula Harga BBN

VIVAnews - Pemerintah tengah menyiapkan formula harga patokan bahan bakar nabati sebagai acuan pembelian bahan bakar alternatif tersebut di dalam negeri.

"Formula harga patokan BBN mengacu pada harga pasar BBM di Singapura (MOPS), karena dalam komponen BBN terdapat pula BBM," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Departemen Energi Evita Herawati Legowo dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi Energi DPR di Gedung MPR/DPR Senayan, Jakarta, Senin 9 Februari 2009.

Evita mengatakan formula harga patokan BBN itu akan ditetapkan dalam keputusan menteri energi. Formula harga patokan bio-BBM atau campuran BBM dan BBN adalah (Y x MOPS + (1-Y) x harga pokok BBN) + alpha. Komponen Y merupakan fraksi volume BBM, sedangkan alpha merupakan biaya distribusi ditambah marjin. 

"Harga pokok BBN jenis biodiesel adalah 50 persen indeks biodiesel Asia Tenggara ditambah 50 persen indeks biodiesel domestik (IHBD)," ujar dia.

Sedangkan harga pokok bioetanol, dia mengatakan, 50 persen indeks bioetanol Asia Tenggara ditambah 50 persen indeks bioetanol domestik (IHED). "IHED dan IHBD yang merupakan biaya pokok produksi ditambah marjin, ditetapkan pemerintah atas pertimbangan Tim Harga BBN," kata Evita.

Dia mengatakan, harga pokok BBN yang merupakan harga di atas kapal (FOB) ditetapkan pemerintah atas pertimbangan Tim Harga BBN. Tetapi untuk harga patokan BBN ditetapkan berdasarkan harga pokok BBN rata-rata bulan sebelumnya. 

Ini Alasan Napoleon Bonaparte Nongol di Acara Pembubaran Timnas Amin
Desain Logo Baru Akulaku Finance (Doc: Istimewa)

Akulaku Finance Perkenalkan Logo Baru, Ini Maknanya

Logo baru yang diperkenalkan bukan hanya merefleksikan identitas unik dari Akulaku Finance Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024