Rapor Menpera Baru di Mata Pengembang

Djan Faridz
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Para pengembang properti yang tergabung dalam Real Estat Indonesia (REI) memberikan nilai cukup terhadap kinerja Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz selama 100 hari masa jabatannya.

"Djan Faridz dan Suharso punya karakter sendiri-sendiri. Djan Faridz mewarisi terobosan Suharso yang belum terimplementasikan," kata Ketua Umum DPP REI, Setyo Maharso di kantornya, Jakarta, Jumat, 10 Februari 2012.

Setyo menyatakan, kinerja bagus yang ditunjukan Djan Faridz terlihat dari langkahnya menghapuskan syarat surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak bagi konsumen yang mengajukan kredit rumah bersubsidi.

Ketika Daud Yordan Bertemu Pendukung Prabowo Jelang 'Pertarungan' di Senayan

Namun kinerja yang negatif juga ditunjukan menteri yang berasal dari kalangan politisi ini. Tertundanya program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)  yang hingga kini belum menemukan titik terangnya adalah salah satunya. "Jadi saya beri nilai cukup" kata Setyo.

Setyo menganggap tertundanya FLPP menjadi nilai minus karena dianggap telah merugikan para pengembang. "Jika pengembang ditargetkan bangun 230 ribu unit rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), maka dapat terserap tenaga kerja 1,84 juta pekerja." katanya.

Sebelumnya, Ketua REI Setyo Maharso mempermasalahkan berlakunya Undang-undang No 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman yang menetapkan luas perumahan minimal tipe 36.

Alasannya, pengembang yang membangun rumah di luar dari desain standar pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah, dipastikan akan terkena sanksi berupa denda Rp2 miliar hingga Rp6 miliar, dan hukuman penjara sebesar 2-5 tahun. (umi)

Takut Alquran, Mantan Artis Cilik Ini Akhirnya Putuskan Mualaf
Playlist Live Festival

Festival Musik Playlist: Live On Tour 2024 Siap Digelar di 5 Kota, Ada Musisi Siapa Aja?

Salah satu festival musik yang ditunggu, Playlist Live Festival, akhirnya kembali menggelar rangkaian tur bertajuk Playlist: Live On Tour 2024, yang akan dimulai Juni.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024