Yunani Beri Komitmen, Bursa AS Menguat Tipis

Bursa saham di Seoul
Sumber :
  • REUTERS/ Lee Jae-Won

VIVAnews - Bursa saham Amerika Serikat (AS) menguat tipis pada penutupan perdagangan kemarin. Kenaikan terjadi setelah keluarnya pernyataan dari pemimpin partai konservatif Yunani yang akan memberikan surat komitmennya pada kreditor internasional.

Sinyal adanya komitmen untuk menangani krisis secara lebih serius sebelumnya telah diminta oleh para pemimpin negara Eropa. Komitmen ini telah memicu investor untuk membali saham di bursa efek.

Seperti dikutip laman reuters.com, Rabu, 15 Februari 2012, indeks saham Dow Jones kemarin ditutup menguat 4,24 point (0,03 persen) ke level 12.878,28. Kenaikan juga terjadi pada indeks Nasdaq Composite yang menguat 0,44 poin atau 0,02 persen menjadi 2,931.83.

Sementara indeks Standard & Poor's 500 justru melemah 1,27 poin (0,09 persen) menjadi 1.350,50.

"Pekan lalu transaksi perdagangan saham relatif kecil. Jadi komitmen ini sedikit banyak telah membantu mendorong saham naik sedikit," kata Head of Capital Market dari First New York, AS, Sam Ginzburg.

Pada penutupan perdagangan saham kemarin, saham-saham perbankan di bursa AS telah bisa menahan sedikit penurunan harga yang selama ini dideritanya. Sektor perbankan merupakan industri yang paling terpengaruh dengan perkembangan yang terjadi di Yunani.

Di bursa Jepang. Indeks Nikkei diprediksi bakal dibuka menguat pada perdagangan hari ini. Keyakinan itu diperoleh setelah para eksportir diperkirakan akan meraup untung dari pelemahan nilai tukar Yen serta target inflasi yang dipatok pemerintah sebesar 1 persen.  "Nilai tukar menjadi sangat menguntungkan," kata Chief Technical Analyst dari Daiwa Securities, Euji Kinouchi.

Indeks Nikei diperkirakan akan bergerak pada kisaran 9.000 dan 9.150. Pada penutupan perdagangan kemarin, indeks Nikei dibuka menguat 0,6 persen menjadi 9.052,07. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

OJK: 138 Perusahaan Bakal IPO di 2024
Detik-detik kecelakaan bus Ciater terekam di live TikTok salah satu siswa

Viral Video Detik-detik Kecelakaan Bus Maut di Ciater Terekam Live TikTok

Viral video yang memperlihatkan detik-detik kecelakaan bus maut di Ciater, Subang, Jawa Barat berisi rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok, terekam dalam live TikTok.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024