Marzuki Alie: Angelina Hasil Rekruitmen Gagal

Angelina Sondakh menjadi saksi Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Ketua DPR Marzuki Ali menyebut Angelina Sondakh dan Muhammad Nazaruddin sebagai contoh rekruitmen DPR yang gagal. Nazar kini menjadi terdakwa kasus suap Wisma Atlet SEA Games, sedangkan Angie menjadi tersangka kasus yang sama.

Nazaruddin maupun Angie tercatat sebagai anggota DPR dari Fraksi Demokrat. Keduanya menduduki posisi cukup penting dalam partai pemenang Pemilu 2009 itu sebelum kemudian dinonaktifkan Demokrat. Nazaruddin dulu menjabat sebagai mantan Bendahara Umum Demokrat, sementara Angie merupakan eks Wasekjen Demokrat.

Terkait fenomena banyaknya kasus korupsi yang menjerat anggota DPR, Marzuki meminta seluruh partai politik untuk ikut bertanggung jawab. Menurutnya, persoalan korupsi tak bisa hanya diselesaikan dari internal DPR, melainkan juga butuh kerja sama dari parpol-parpol.

“Parpol harus memberikan pendidikan yang baik bagi kader, tidak serta-merta dia menjadi anggota DPR. Jadi ini masalah rekruitmen politik,” kata Marzuki di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 20 Februari 2012. Ia pun mengajak semua parpol untuk membenahi sistem perekrutan kader.

“Sehingga kami yang di DPR betul-betul mampu berperilaku sebagai negarawan,” imbuh Marzuki. Ia juga meminta kepada publik agar tak memvonis semua partai politik sebagai institusi yang tidak baik, karena menurutnya parpol dibangun dengan cita-cita yang baik demi keberhasilan demokrasi.

“Jangan katakan parpol itu maling. Parpol adalah wadah,” kata Marzuki. Sebagai organisasi, parpol membutuhkan dana. Terkait itulah, menurut Marzuki, perlu akuntabilitas dan transparansi terkait pendanaan parpol.

Marzuki meminta pemikiran untuk membubarkan parpol dibuang jauh-jauh. “Kalau dibubarkan, maka kita kembali ke zaman otoritarian,” tegas Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu. (eh)

Terpopuler: Ekspresi Wajah Keluarga Mahalini, Gading Marten dan Gisel Dicurigai Rujuk
Ilustrasi selingkuh

Terpopuler: Kebiasaan Orang Selingkuh di Malam Hari, Potret Mahalini-Rizky Febian saat Akad Nikah

Ramalan zodiak, potret Rizky Febian-Mahalini pakai adat Sunda saat akad nikah hingga manfaat olahraga untuk mencegah berbagai penyakit juga tak kalah dilirik pembaca.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024