Freeport dan Newmont Siap Renegosiasi Kontrak

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik,
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Energi dan sumber Daya Alam (ESDM) Jero Wacik menyatakan bahwa dua tambang terbesar di Indonesia, PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara bersedia renegosiasi kontrak karya pertambangan mereka.

Wacik mengkalim bahwa semenjak dia menjabat sebagai Menteri ESDM, banyak perusahaan pertambangan, khususnya perusahaan tambang asing yang mau renegosiasi kontrak karya pertambangan.

"Saya kerja di awal dan mereka bilang yes, saya mau renegosiasi. Termasuk, Freeport dan Newmont yang sebelumnya tidak bersedia," katanya di Jakarta, Senin 20 Januari 2012.

Ia menjelaskan, tujuan renegosiasi ini untuk mencapai keadilan bagi kedua belah pihak, baik investor ataupun pemerintah. Wacik meminta agar semua pihak sabar menunggu hasilnya, karena renegosiasi kontrak karya memerlukan waktu yang panjang.

Menurut Wacik, pemerintah telah bekerja serius dalam renegosiasi kontrak karya pertambangan, salah satunya adalah membuat tim renegosiasi kontrak yang dilindungi Keppres Nomor 3 Tahun 2012 tentang Tim Evaluasi untuk Penyesuaian Kontrak Karya dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu bara (PKP2B).

Ia juga menjelaskan, kebanyakan kontrak tambang memiliki rentang waktu 20-30 tahun dan dalam perkembangan zaman terdapat beberapa hal yang harus disesuaikan dengan situasi sekaarang. Untuk itu, pemerintah akan duduk bersama dengan investor pertambangan untuk membicarakan hal-hal tersebut.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk
Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Wakil presiden (wapres) terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka buka suara terkait manuver presiden terpilih Prabowo Subianto menemui sejumlah pimpinan partai politik.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024