Eropa Akhirnya Sepakati Bailout Yunani

Demonstran duduk di depan gedung parlemen Yunani
Sumber :
  • REUTERS/John Kolesidis

VIVAnews - Setelah berjam-jam melakukan perundingan soal pemberian bailout baru untuk Yunani, akhirnya menteri keuangan Eropa menyetujui langkah tersebut. Dana ini diperlukan Yunani untuk menyelamatkan negeri itu dari gagal utang obligasi yang jatuh tempo bulan depan.

Seperti diberitakan BBC, keputusan ini diambil pada Selasa dini hari, 21 Februari 2012. Dengan kesepakatan ini, maka Yunani akan mendapatkan dana bailout kedua sebesar 130 miliar euro. Dana bailout pertama diberikan pada 2010 sebesar 110 miliar euro.

Sebelumnya, perundingan bailout Yunani berlangsung alot. Pembicaraan 17 menkeu zona euro seputar reformasi keuangan dan target pengurangan utang Yunani sulit diperoleh kesepakatan. Hasil akhir, Yunani harus mengurangi utangnya sebanyak 121 persen dari PDB pada 2020 mendatang. 

Dana ini sangat diperlukan Yunani untuk membayar obligasi yang jatuh tempo 20 Maret mendatang sebesar 14,5 miliar euro. Jika Yunani gagal bayar, negara itu akan bangkrut dan berimbas pada perekonomian negara-negara pengguna euro.

Yunani telah melakukan berbagai cara untuk mendapatkan bailout ini. Sebelumnya, Yunani menerapkan langkah penghematan baru yang diharapkan dapat mengurangi penggunaan anggaran hingga 325 juta euro.

Di antara wujud langkah penghematan, pemerintah Yunani akan memecat 15.000 pegawai negeri dan memotong upah minimun hingga 20 persen, dari 751 euro menjadi 600 euro. Yunani juga akan menerbitkan lagi obligasi pemerintah senilai 100 miliar euro dan melakukan konversi utang dengan sekuritas berbunga rendah.

Bailout sangat diperlukan Yunani untuk membayar obligasi sebesar 14,5 miliar euro yang tenggat waktunya semakin dekat. Jika pada 20 Maret 2012 Yunani gagal bayar (default), maka krisis dikhawatirkan akan menyebar ke negara-negara eurozone. Pengamat khawatir, akan terjadi reaksi berantai yang akan memicu krisis seperti 2008 lalu. (umi)

Witan Sulaeman Pecah Kepala Saat Timnas Indonesia Vs Guinea, Sang Istri Langsung Ungkap Kondisinya
Wasit asal Prancis Francois Letexier memberikan kartu merah untuk Shin Tae-yong

Mengharukan, Shin Tae-yong Menangis Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Timnas Indonesia U-23 kalah dari Guinea dalam laga playoff Olimpiade 2024. Pelatih Shin Tae-yong disebut menangis usai pertandingan ini.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024