Pemerintah Siapkan Rp368 T untuk Proyek MP3EI

Armida S. Alisyahbana
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pemerintah menargetkan di tahun ini mendapat investasi sebesar Rp368,6 triliun. Dana tersebut, diperuntukan untuk membiayai 110 proyek infrastruktur Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Armida Alisjahbana, menyatakan bahwa pembiayaan proyek infrastruktur tersebut, tidak hanya berasal dari pemerintah pusat tapi juga pemerintah daerah dan investor.

"Untuk 2012 ini, APBN sudah jalan. Namun, dimungkinkan bila disetujui APBN-P ada dana SAL (Saldo Anggaran Lebih) 2011 sebagian dipakai menambah belanja infrastruktur," ujarnya saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat 23 Februari 2012.

Proyek infrastruktur pada tahun ini, lanjutnya, akan lebih difokuskan pada Indonesia bagian timur. Selain itu, proyek yang sudah ada tetap dilanjutkan. "Juga mempercepat penyelesaian proyek infrastruktur yang berdampak besar, misal double track lintas Jawa," tutur Armida.

Berdasar data KemenPPN terkait groundbreaking atau pemasangan tiang pancang proyek 2012 untuk Sumatera, terdapat 34 proyek dengan nilai investasi Rp71,3 triliun dan Jawa dengan 31 proyek senilai Rp216,5 triliun.

Sementara itu, wilayah Kalimantan dengan 10 proyek senilai Rp5,9 triliun, Sulawesi dengan 9 proyek senilai Rp3,8 triliun, Bali-Nusa Tenggara dengan delapan proyek senilai Rp15 triliun, dan Papua-Kepulauan Maluku dengan 18 proyek senilai Rp56 triliun.

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menambahkan bahwa untuk Badan Usaha Milik Negara dapat menggunakan dana obligasi dalam mengerjakan proyek MP3EI. "Bisa juga menggunakan obligasi yang dananya murah. Bisa saja," tuturnya. (sj)

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas
Gedung Bank Indonesia (BI).

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengungkapkan, pertumbuhan penyaluran kredit baru tersebut terjadi pada seluruh jenis kredit.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024