"Angie Perlu Dikonfrontir Dengan Rosa"

Angelina Sondakh konpers dirumahnya
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi kemarin gagal melakukan konfrontasi antara anggota Fraksi Demokrat, Angelina Sondakh, dan Mindo Rosalina Manulang dalam persidangan dengan terdakwa suap Muhammad Nazaruddin.

Mantan anggota Satgas Anti Mafia, Mas Achmad Santosa, menilai permintaan hakim pengadilan Tipikor untuk mengkonfrontasi keduanya patut didukung. Meskipun upaya ini tidak diharuskan, namun perlu dilakukan untuk memperoleh fakta-fakta baru.

"Untuk mendapatkan kebenaran hakiki itu tidak apa-apa dan sah, karena itu dibutuhkan akibat adanya pertentangan kesaksian sehingga untuk dipastikan maka dilakukan hal itu," kata Mas Achmad Santosa yang ditemui usai Sarasehan Penggiat Antikorupsi: "Melawan Hukuman Ringan Bagi Koruptor: Tolak Obral Remisi dan Pembebasan Bersyarat!" di Jakarta Media Center, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Maret 2012.

Ota, sapaan akrabnya, menambahkan upaya konfrontasi merupakan suatu hal yang biasa. Meskipun, itu juga bukanlah sesuatu yang wajib dilakukan. "Konfrontasi itu bukan hal yang baru dan itu tidak dilarang oleh hukum acara. Saya kira itu sudah dipraktikkan juga," ujarnya.

Sebelumnya hakim pengadilan Tipikor meminta Mindo Rosalina Manulang dan Angelina Sondakh untuk dikonfrontir kesaksiannya dalam kasus korupsi Wisma Atlet Palembang. Namun, upaya itu gagal karena Rosa tak hadir dengan alasan sakit.

"Menurut informasi dari LPSK, bahwa Mindo Rosalina Manulang menyatakan sakit," ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) saat ditanya hakim terkait kondisi saksi Mindo.

Namun saat hakim bertanya apakah ada keterangan dari surat dokter, tim JPU tidak dapat menghadirkan surat tersebut. Menurut JPU, saat ini posisi Rosa tengah berada dalam perlindungan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Sidang ini untuk menguji kesaksian Angie yang dinilai sejumlah pihak tidak benar. Sebelumnya, terdapat perbedaan kesaksian dari Angie dan Rosa. Dalam kesaksian sebelumnya, Rosa mengaku dia pernah melakukan percakapan dengan layanan pesan BlackBerry Messenger (BBM) dengan Angie. Dalam percakapan inilah muncul istilah "Apel Malang", "Apel Washington", yang menurut Rosa merupakan kode untuk permintaan uang. (hp).

Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk KTT WWF 2024 di Bali
Bendungan Gerak Tukad Mati, Bali

Guru Besar FH Undiknas: Forum Air Dunia Berdampak Positif untuk Masyarakat Bali

Guru Besar Fakultas Hukum Undiknas: Forum Air Dunia Berdampak Positif untuk Masyarakat Bal

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024