Paul McCartney Juga Singgah di Resto Nusa Dua

restoran nusa dua
Sumber :

VIVAlife - Hal terberat bagi warga Indonesia di perantauan adalah ketika kangen dengan kuliner tanah air. Tapi warga Indonesia yang tinggal di London boleh lah tersenyum. Ada satu restoran di sudut jalan di Dean Street, Soho, London. Namanya "Nusa Dua".

Terletak di ujung Oxford Street yang tembus ke Soho, restoran ini begitu mudah diakses. Bangunannya putih berkombinasi biru. Masuk ke restoran itu, kita seperti terlempar ke tanah air. Gending Sunda mengalun, terkadang juga terdengar gamelan Bali.

Rumah Jadi Alasan Orang Inggris Tunda Pernikahan

Meja dan kursi berukiran Jepara, dan memang didatangkan dari daerah Jawa Tengah itu, ditata apik sehingga ruang makan terasa lega untuk 60 kursi. Ada juga patung kayu, lukisan Bali, dan hiasan dinding dari ukiran. Suasana Indonesia sontak terbangun manakala kita duduk di sana. Aroma bumbu Indonesia meruap kala hidangan diantar ke meja pelanggan.

Berdiri pada 1999, restoran itu dikelola pasangan suami istri, Firdaus Ahmad, dan istrinya Usha. Mereka sudah 30 tahun bermukim di Inggris. Firdaus juga turun ke dapur dan menjadi semacam "chef".  Dia ikut meracik masakan, bersama istri sekaligus asistennya itu.

Kelezatan Hidangan Klasik Negeri Topi Sombrero

Mereka menyediakan aneka kuliner Indonesia, dari sayur asam, tempe goreng, ikan acar kuning, nasi goreng serta udang balado. Banyak lagi ragam masakan yang diolah dengan kecintaan pada kampung halaman.

"Menu favoritnya di sini kambing bakar," kata Usha kepada Antara. Dia menyebut menu berupa potongan kecil daging kambing. Di restoran mirip "warung pojok" itu juga tersedia urap dengan bumbu parutan kelapa yang spicy, sate bumbu kacang, perkedel, dan bahkan krupuk udang.

Harganya antara 7-15 pound. Bukan cuma orang Indonesia yang ramai bertandang ke sana, tapi juga warga kota London. Ada juga para artis kelas dunia yang bermukim di Inggris mampir ke sana. "Boy George, Paul Mc Cartney, dan Lily Allen pernah mampir ke sini," ujar Usha, ibu beranak tiga itu.

Sejumlah tokoh Indonesia yang singgah ke London, juga sempat mencicipi hidangan racikan Nusa Dua. Sebut saja tokoh top politik era reformasi, Megawati Soekarnoputri, almarhum Gus Dur, dan Amien Rais.

Apalagi dengan hajatan Olimpiade 2012 di London. Nusa Dua kerap kedatangan tamu dari tanah air. "Selama Olimpiade ini, rombongan Menpora juga beberapa kali datang makan siang," ujar Firdaus.(np)

Restoran Berbintang Michelin di Jakarta Luncurkan Menu Halal
Food Court terbesar di Tangerang, Maze Market

Mencicipi Aneka Makanan Nusantara di Maze Market

Harga terjangkau untuk Anda pecinta kuliner.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2016