Lezatnya Hidangan Panggang Khas India

Lamb Shank Kebab
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha
VIVA.co.id
Mencicipi Aneka Makanan Nusantara di Maze Market
- Kuliner India terkenal akan keranekaragamannya dan penggunaan bumbu serta rempah yang berani. Ini membuat cita rasa, maupun aroma setiap hidangan begitu kuat dan tentunya menggugah selera. 

Kelezatan Hidangan Klasik Negeri Topi Sombrero
Masyarakat India juga umumnya menggunakan oven tandoori yang terbuat dari tanah liat untuk memasak berbagai jenis makanan, mulai dari daging, ikan, sayuran hingga roti. Suhu oven tradisional tersebut sangat tinggi sehingga ketika daging dimasak di dalamnya, lemak akan menetes ke dasar oven dan menghasilkan banyak asap. Inilah yang membuat makanan menjadi kaya rasa dan sedikit berwarna kehitaman di bagian luar.

Restoran Berbintang Michelin di Jakarta Luncurkan Menu Halal
Nah, jika Anda ingin mencicipi hidangan India yang dimasak dengan tandoori, Anda bisa mengunjungi Cafe Gran Via. Lewat Tandoori Feast yang dimulai tanggal 8 hingga 28 Januari 2016, restoran berkonsep buffet atau prasmanan ini menawarkan deretan hidangan khas India yang dimasak dengan oven tandoori.

Anda akan melihat beragam hidangan di station khusus India yang disajikan langsung dari oven tandoori.

"Memasak dengan oven tandoori adalah salah satu metode masak tertua di India dan telah ada sejak ratusan tahun lalu. Aslinya dari daerah Punjabi," ujar Gerald Prinz, Executive Chef Cafe Gran Via saat ditemui VIVA.co.id di Hotel Gran Melia, Selasa, 12 Januari 2016.

Chicken Tikka menjadi salah satu hidangan andalan di station kuliner India. Terbuat dari ayam yang dimarinasi dengan yogurt, bubuk cabai serta campuran bumbu dan rempah, hidangan ini terasa begitu lezat. Apalagi aroma dan cita rasa smokey-nya yang kuat. Tekstur dagingnya juga sangat empuk.

Chicken Tikka

Hidangan lain yang patut Anda coba ialah Fish Hariyali, daging ikan yang juga dimasak dengan oven tandoori. Dasar bumbu marinasi untuk hidangan ini adalah daunt mint yang dihaluskan dan dicampur dengan yogurt serta bumbu rempah sehingga warna daging ikan berwarna hijau cerah. Daun mint membuat cita rasa daging ikan menjadi lebih segar. Saat disantap ikan terasa meleleh di lidah.

Lamb Shack Kebab juga tak kalah lezat. Yang satu ini terbuat dari daging kambing giling yang telah bumbui dan dipadatkan di tusuk satai raksasa dari besi. Setelah keluar dari oven tandoori, bentuk daging menjadi mirip dengan sosis berukuran panjang.

Selain itu, ada pula Chicken Malai Tikka yakni ayam berbumbu yogurt dan Tandoori Aloo, kentang berbumbu yang diisi kacang serta keju paneer dan dipanggang di oven tandoori.

Jika tidak terlalu menyukai rasa rempah yang kuat, Anda tak perlu khawatir karena hidangan India yang dimasak dengan oven tandoori memiliki cita rasa rempah yang mild dan tidak begitu menohok.

"Kuliner India memang identik dengan rempah-rempah sehingga rasa rempahnya sangat kuat. Tapi hidangan yang dimasak dengan tandoori adalah hidangan India yang paling mild dibandingkan hidangan-hidangan lain," kata Gerald.

Seluruh hidangan tadi juga bisa dinikmati bersama roti khas India yaitu naan, yang juga dimasak secara tradisional di oven tandoori. Cafe Gra Via memiliki sejumlah varian naan, mulai dari plain naan atau naan tanpa rasa, butter naan, naan bawang putih hingga naan keju.

Jangan lupa mencocol roti naan ke dalam beberapa saus yang dapat dipilih sesuai selera, seperti saus yogurt, mango chutney dan mint chutney.

Jika ingin menyantapnya dengan nasi, Anda juga bisa memilih Chickem Biryani, nasi dari beras basmati yang aromatik dengan daging ayam.

Selain hidangan-hidangan yang dimasak dengan oven tandoori, ada pula berbagai pilihan hidangan lain, seperti Kurkuri Bhindi (okra goreng tepung), Paneer Makhani (keju tradisional India yang dimasak dengan saus tomat), Lamb Kofta (bola-bola daging kambing yang dimasak dengan bawang bombay, tomat dan kacang mede) dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan untuk bersantap di restoran ini adalah Rp285.000++ per orang, belum termasuk minuman. 

Cafe Gran Via
Hotel Gran Melia
Jl. H.R rasuna Said kav. X-0
Kuningan, Jakarta 12950
Telp: (021) 5268080
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya