Menyecap Lezat Ragam Kuliner Imlek

Hidangan Imlek Yee Shang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

VIVA.co.id - Bagi para etnis Tionghoa, Tahun Baru China atau yang dikenal dengan Hari Raya Imlek menjadi momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

Simak Tips Jitu Memasak Asam-asam Iga sapi

Imlek yang sebentar lagi akan tiba pada awal bulan Februari 2016 juga tak hanya identik dengan sembahyang dan tari barongsai, namun juga deretan kulinernya.

Terdapat begitu banyak kuliner yang tak pernah absen dihidangkan di meja makan saat malam pergantian tahun. Beberapa diantaranya adalah bebek peking, ikan seabaas, lontong cap gomeh, bakmi, dodol, kue mangkok dan jeruk santang.
Mencicipi Aneka Makanan Nusantara di Maze Market

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menyantap ragam kuliner Imlek yang istimewa serta hidangan oriental peranakan lainnya, bisa singgah ke Asia Restaurant di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Restoran ini akan menyajikan berbagai santapan khas Imlek pada tanggal 7 dan 8 Januari 2016 mendatang.
Kelezatan Hidangan Klasik Negeri Topi Sombrero

Di sini, lidah akan dimanjakan, salah satunya dengan kepiting soka yang gurih dan renyah.

Dodiek Triwandaya, juru masak Ritz Carlton Mega Kuningan menjelaskan, kepiting dipilih karena menggambarkan kemakmuran di perayaan Imlek.

Hidangan Imlek Kari Kepiting Soka

"Kepiting soka diambil karena banyak orang Indonesia suka sama kepiting jenis ini. Jadi kita ingin menu yang semua orang suka," kata Dodiek saat ditemui di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Januari 2016.

Ada dua hidangan olahan kepiting soka yang ditawarkan, yaitu kepiting kari ala Shanghai dengan bihun dan kepiting soka goreng dengan nasi Pecinan. 

Dodiek juga menyiapkan hidangan perpaduan dari Singapura, Malaysia dan Indonesia yang menggunakan bebek sebagai bahan utamanya.

"Tahun ini ditambahkan lontong cap gomeh peranakan Chinese. Bagian dari tradisi China di indonesia," kata Dodiek.

Meski banyak menu modern, restoran tersebut tetap menyajikan satu menu klasik Imlek yang terbilang sangat populer dan menjadi lambang kemakmuran, yakni Yee Shang.

Hidangan satu ini disajikan di sebuah piring berukuran besar dan terdiri dari beberapa bahan yang penuh warna, mulai dari irisan manisan jahe merah, jahe putih, bawang merah, rumput laut, timun, wortel, lobak, salmon, remah kacang goreng.

"Di tahun ini ada tambahan Stroberi, kiwi, mangga, lobak, pepaya, buah naga, timun, karena buah sedang populer di seluruh dunia sebagai makanan sehat," kata Dodiek.

Untuk menikmati sajian ini, Anda bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu. Harga yang ditawarkan untuk menyantap seluruh hidangan tadi sepuasnya adalah Rp688 ribu per orang.

Asia Restaurant
The Ritz-Carlton Mega Kuningan
Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung
Kav.E.1.1 no.1, Jakarta Pusat
Telp: (021) 25518888
Buka: 06.00-22.00 WIB
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya