Tips Jitu Memasak Hidangan Khas India di Rumah

Chicken Tikka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

VIVA.co.id - Kuliner India terkenal aromatik dan bercitarasa rempah yang kuat. Begitu banyak jenis rempah dan tanaman herbal yang digunakan untuk memasak deretan hidangan khas India. 

Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Rempah

Meski terdengar sedikit rumit, bukanlah hal mustahil untuk memasaknya sendiri di rumah.

Menurut Gerald Prinz, Executive Chef Cafe Gran Via, sangat penting melakukan proses marinasi dalam memasak hidangan khas India. Apalagi untuk hidangan-hidangan panggang yang dimasak di dalam oven tandoori. Terdapat tiga bumbu dasar yang umum digunakan untuk hidangan panggang.

Ibu-ibu, Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

"Yang pertama adalah bumbu marinasi berbasis yogurt dan bubuk cabai sehingga setelah matang hidangannya berwarna merah. Yang kedua adalah yang berwarna hijau, dasarnya yogurt dan daun mint. Lalu hidanganya yang berwarna kuning itu dimarinasi dengan kunyit," ujar Prinz kepada VIVA.co.id saat ditemui di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta, Selasa, 12 Januari 2016.

Ia juga menyarankan untuk menambahkan berbagai rempah dan tumbuhan herbal, seperti air perasan jeruk lemon, bubuk ketumbar, bubuk jintan, jahe, bawang putih, biji mustard, minyak mustard, bunga lawang atau pekak dan sebagainya, untuk menyeimbangkan rasa hidangan. 

Cara Mudah Bikin Blender dan Mikser Tahan Lama

Waktu marinasi juga menentukan cita rasa hidangan. Prinz mengatakan, semakin lama waktu marinasi, maka semakin meresap bumbu ke dalam makanan. Meski begitu, lama waktu marinasi tergantung dari makanan yang dimasak. Ia merekomendasikan untuk memarinasi bumbu selama beberapa jam hingga semalaman penuh sebelum dipanggang.

"Untuk daging dan ikan Anda bisa memotong-motongnya terlebih dahulu atau diiris sedikit agar bumbu lebih meresap dan lebih cepat matang," kata dia.

Jika memasak daging sapi atau kambing, sebaiknya gunakan daging giling. Anda juga tak perlu memarinasinya, melainkan cukup memberi bumbu dan mencampurnya hingga rata, lalu dibentuk layaknya kebab atau sosis menggunakan tusuk satai yang terbuat dari besi. 

Aneka boga bahari seperti ikan dan udang juga bisa dimarinasi dengan bumbu khas Inidia dan dipanggang. Udang bisa dipanggang bersama atau tanpa kulitnya.

Untuk ikan, pastikan Anda memilih ikan seperti halibut atau yang tekstur dagingnya tidak terlalu lembut. Jangan memilih ikan dori karena dagingnya yang sangat terlalu lembut akan membuat ikan hancur saat dipanggang. Tak hanya itu, ragam sayur-sayuran pun bisa Anda panggang, mulai dari kentang, okra hingga terung.

"Jika tak punya oven tandoori, Anda bisa menggunakan oven biasa. Anda juga bisa memanggang daging atau sayuran yang telah dimarinasi di atas alat panggang open flames, seperti barbekyu."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya