Ini Enam Tokoh Penerima Bakrie Award (1)

Satyanegara di Penghargaan Achmad Bakrie IX 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Penghargaan Achmad Bakrie Award ke-10 kembali digelar oleh Freedom Institute kemarin malam. Terdapat enam tokoh yang dianggap inspirasional dan telah berjasa dalam kehidupan intelektual bangsa Indonesia, siapa saja mereka?

1.Tjia May On di bidang Sains

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

Tjia May On adalah bagian dari generasi pertama Indonesia yang mendalami fisika partikel elementer, yang telah mengubah pandangan dunia tentang interaksi antar materi alam semesta dan asal-usulnya.

Tjia May On lahir di Probolinggo, Jawa timur 25 Desember 1934, Tia May On merupakan guru besar Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB). Tjia menyelesaikan sarjana Fisika pada 1962 di ITB dan meneruskan ke Northwestern University, Amerika Serikat, hingga Ph.D pada 1969.

Tjia pernah ikut riset di The International Center for Theoritical Physics (ICTP), Trieste, Italia, yang didirikan oleh Fisikawan peraih Nobel, Abdus Salam.

Renungan Tjia atas kondisi obyektif Indonesia saat itu, membuatnya meninggalkan fisika partikel elementer yang memang bergengsi dan menuntut modal besar namun masih cukup jauh manfaat praktisnya. Ia lalu menekuni riset di ranah material fungsional dan berbagai aspeknya sekaligus, yang melambungkan namanya di kancah antarbangsa. Prestasi intelektualnya ia manfaatkan untuk membangun generasi peneliti yang sangat diperhitungkan di Indonesia.

2. Wiratwan Wangsadinata untuk bidang Teknologi

Gubernur legendaris Ali Sadikin menyebut Wiratman Wangsadinata sebagai “motor penggerak pembangunan Jakarta”. Kontribusi besar Wiratman tentu saja tak terbatas hanya di ibukota. Di samping yang tegak menjulang, ia juga menggarap struktur yang melata di permukaan dan yang terhujam ke bumi dan dasar laut, tersebar di berbagai penjuru negeri.

Wiratman lahir di Jakarta, 25 Februari 1935 dan lulus Teknik Sipil ITB pada 1960. Wiratman menjadi profesor di bidang teknik struktur pada 1995 lalu dan saat ini Ia menjadi Profesor Emeritus di Universitas Tarumanegara.

Wiratman Wangsadinata adalah Pendiri dan direktur utama PT. Wiratman & Associates, Multidisciplinary Consultant, yang telah berdiri sejak tahun 1976 dan sampai kini telah terlibat dalam perencanaan dan supervisi ratusan bahkan ribuan proyek-proyek konstruksi dari mulai jembatan, bendungan, jalan dan yang cukup banyak adalah gedung-gedung pencakar langit.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

3. M. Dawam Rahardjo, untuk bidang Pemikiran Sosial

Dawam Rahardjo

Disebut Hard Gumay Bakal Berjodoh dengan Mayor Teddy, Fuji: Aneh Banget Sumpah!

M. Dawam Rahardjo adalah cendekiawan yang memiliki perhatian sangat luas terhadap ilmu-ilmu sosial. Meski latar belakangnya ilmu ekonomi. Dawam lahir di Solo, 20 April 1942, menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan pada 1993 Ia diangkat menjadi Guru Besar Ekonomi Pembangunan di Universitas Muhammadiyah Malang.

Dawam juga menulis tentang filsafat, agama, politik, dan sastra. Sikap yang tegas terhadap isu-isu kebebasan adalah karakter pemikiran Dawam. Tanpa henti ia membela hak-hak minoritas, mengecam kelompok-kelompok agama yang menggunakan kekerasan, sambil mengkritik pemerintah yang kurang sigap melindungi kaum yang tersudut.

Dawam juga tercatat sebagai salah satu ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI). Beberapa karyanya antara lain, Esai-Esai Ekonomi dan Politik (1983), Transformasi Pertanian, Industrialisasi dan Kesempatan Kerja (1985), Perekonomian Indonesia: Pertumbuhan dan Krisis (1986), Perspektif Deklarasi Makkah: Menuju Ekonomi Islam (1993), Etika Bisnis dan Manajemen, Kapitalisme Dulu dan Sekarang (1986), Intelektual, Intelegensia, dan Perilaku Politik Bangsa (1992), dan Ensiklopedi Al-Qur’an, Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci (1996).

Dawam juga menyerukan pentingnya kebebasan berpikir sebagai sarana mencapai kemajuan suatu bangsa. Baginya, kreativitas dan inovasi manusia tak akan terwujud tanpa adanya kebebasan berpikir.

(Bersambung ke bagian 2)

Fuji dan Denny Sumargo

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

Sudah sering kali diramal, mantan kekasih Thariq Halilintar Fuji ini akhirnya mengaku capek dan risih. Tapi gimana jika diramal nikah dengan Mayor Teddy?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024