Temuan Baru Ungkap Sebab Hilangnya Telkom-3

Satelit ruang angkasa yang masuk ke atmosfir bumi
Sumber :
  • space.com

VIVAnews -Sumber penyelidikan pemerintah Rusia mengungkap dugaan baru gagalnya peluncuran Satelit Telkom-3 dan Ekspress-MD2. Kegagalan itu disebabkan kerusakan di pipa bahan bakar roket Proton-M, sehingga dua satelit itu batal mengorbit.

Sumber pemerintah seperti dikutip harian Rusia, Kommersant, mengatakan telemetri menunjukkan tekanan di level atas Briz-M turun tajam setelah pembakaran kedua. Ini menyebabkan roket Proton-M lepas kendali. Telemetri adalah sebuah teknologi pengukuran jarak jauh, dan pelaporan informasi kepada perancang atau operator sistem.

Peluncuran itu sebenarnya dijadwalkan menggunakan empat pembakaran dari Briz-M untuk menempatkan Satelit Telkom-3 dan Satelit Rusia Ekspress MD2 ke orbit.

Menurut sumber tersebut, pipa bahan bakar Briz-M kemungkinan mengalami "kerusakan mekanis" atau karena beberapa benda tak dikenal.

Ungkapan Kecewa Muhammad Ferarri Golnya Dianulir Wasit

Gagalnya peluncuran tersebut telah mendorong Badan Antariksa Rusia, Roscosmos, menangguhkan semua Proton-M sampai penemuan penyelidikan dikembalikan.

Roscosmos menolak mengomentari penyebab kegagalan itu ketika dihubungi oleh RIA Novosti. Tahun lalu, kerusakan dari roket pendorong Briz-M menyebabkan hilangnya satelit telekomunikasi Express-AM4.

Gunung Ruang Kembali Erupsi, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Lagi Sementara
Menko Perekonomian sekaligus Ketum Golkar Airlangga Hartarto kunker ke Inggris,

Bertemu Airlangga, Menteri Inggris Puji Pelaksanaan Pemilu di RI yang Damai

Di depan Airlangga, Menteri Inggris Greg Hands punya kesan mendalam terhadap pesta demokrasi pemilu di Tanah Air.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024