BPK Masih Lengkapi Audit Bank Century

Century Bank
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Badan Pemeriksa Keuangan menyatakan sampai saat ini masih melengkapi permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi mengenai audit terhadap PT Bank Century. Meski demikian audit Century yang telah ada dinilai sudah cukup jelas.

"Cukup jelas. Apa yang kurang jelas dari laporan itu," ujar Wakil Ketua BPK, Hasan Bisri di Gedung DPR, Kamis 27 September 2012.

Namun, Hasan mengaku, pihaknya masih mempelajari beberapa pertanyaan yang dilayangkan oleh KPK terkait kasus Century. "Tetapi kami masih mempelajari lagi pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan. Dalam waktu dekat akan kami sampaikan," kata dia.

Hasan pun mengingatkan berbagai pihak agar tidak memposisikan BPK sebagai penegak hukum. "Kadang-kadang ada pihak yang mengharapkan BPK bertindak seperti aparat penegak hukum, padahal kami auditor. Jangan mengharapkan BPK bisa bertindak seperti penegak hukum," tegas dia.

Sebelumnya, Ketua KPK Abraham Samad, mengatakan masih menunggu laporan BPK dan para ahli untuk menaikkan kasus Century ke penyidikan. "Ini karena ada beberapa laporan yang kami kaji dari BPK dan ada hal yang tidak terlalu jelas dan multitafsir, sehingga kami perlu tafsiran yang lebih jelas," kata Abraham di Gedung DPR pada 19 September 2012.

Abraham pun menegaskan KPK segera meningkatkan status pengusutan Bank Century ini dari penyelidikan menjadi penyidikan. "Insya Allah kami akan meningkatkan kasus ini ke tingkat penyidikan. Selangkah lagi, kami akan selesaikan. Kami upayakan agar penyidikan berjalan sesuai jadwal," ujarnya.

Sampai saat ini KPK terus mengusut kasus Bank Century. Namun, KPK belum juga bisa memeriksa mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Bidang Pengawasan, Siti Fajriah, yang saat ini masih sakit.

Di luar itu, KPK telah meminta keterangan dari 153 orang terkait kasus Century. KPK pun telah memanggil 12 orang pakar untuk memberi keterangan sebagai saksi ahli.

6 Drama Korea tentang Perjalanan Waktu, Terbaru Ada Lovely Runner
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Bocorkan Kriteria Pansel Capim KPK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Panitia Seleksi (Pansel) KPK akan selesai pada Juni 2024. Menurut dia, saat ini pemerintah masih menyiapkan Tim Pansel KPK untuk.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024