Senin, Kejagung Beri Petunjuk Soal Tersangka Simulator

Alat Uji Simulator SIM
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Deffa

VIVAnews - Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Kejagung) menyampaikan bahwa kejaksaan sudah menerima lima berkas perkara kasus korupsi Simulator SIM dari Bareskrim Polri.  Tiga berkas masih P18 atau belum lengkap. Sementara dua berkas lainnya masih dipelajari.

"Untuk yang 3 berkas itu paling lambat hari Senin sudah kita beri petunjuk," kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Andhi Nirwanto, di Gedung Kejagung, Jakarta, Jumat 28 September 2012.

Tiga berkas yang dimaksudkan oleh Andhi adalah berkas dari Wakorlantas Polri Brigjen Pol Didik Purnomo, Bendahara Korlantas Polri Kompol Legimo, dan Direktur Utama PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (PT CMMA) Budi Susanto. Sementara dua berkas lain adalah AKBP Teddy Rusmawan dan Direktur PT Inovasi Teknologi Indonesia (ITI) Sukotjo S Bambang.

"Kita teliti syarat formalnya memenuhi nggak, syarat materialnya memenuhi nggak," ujarnya.
"Kelengkapan formal misalkan apakah berkas-berkas itu sudah ditandatangani dan sebagainya. Apakah BAP sudah dilampirkan atau belum," lanjutnya.

Selain itu, unsur kerugian negara juga menjadi syarat materiil yang penting yang harus dilengkapi. "Materiil itu harus mendukung unsur-unsur tindak pidana itu. Kita tahu kerugian keuangan negara unsur vital dalam tindak pidana korupsi Pasal 2, dan Pasal 3. Kekurangan antara lain di situ," ucapnya.

Terkait dengan penolakan mantan Kakorlantas Irjen Pol Djoko Susilo atas pemanggilan KPK karena belum jelasnya siapa yang berhak menangani kasus Simulator ini, Jaksa Agung Basrief Arief kembali berharap ada komunikasi yang baik antar keduanya.

Basrief menegaskan baik KPK, Polri, Kejaksaan Agung atau aparat penegak hukum lainnya memiliki tujuan yang sama dalam penegakan hukum dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Saya masih tetap berharap koordinasi masih tetap dilakukan oleh kedua belah pihak untuk mencapai satu tujuan yang sama. Di samping itu kita juga nanti akan melakukan hal-hal yang dianggap memang diperlukan untuk mendapat satu persepsi di dalam penyelesaian kasus ini," jelasnya.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024