Anindya: Kadin Fokuskan Peningkatan Bisnis Pengusaha Daerah

Jelang Rapimas Kadin 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Penyelenggara Rapat Pimpinan Kamar Dagang (Kadin) Indonesia, Anindya Bakrie, mengatakan, Rapim Kadin pada 2-4 Oktober 2012 akan mengutamakan diskusi mengenai pembangunan ekonomi dan pembangunan daerah.

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh, BI Pede Pertumbuhan Sepanjang 2024 di 5,5 Persen

Anindya mengungkapkan, secara makro, Indonesia sudah banyak menuai pujian dari berbagai pihak internasional, baik itu lembaga ataupun negara.

Dia menuturkan, Indonesia tahun ini masuk dalam urutan dua dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Asia. Indonesia hanya kalah dari China, tapi berada di atas India. "Bahkan, pertumbuhan ultra rich Indonesia paling tinggi di dunia yaitu mencapai 25 persen," kata Anindya.

Harta Berjalan Betrand Peto Setelah Jadi Anak Ruben Onsu dan Sarwendah

Namun, cerita hebat tersebut, menurut Anindya, tidak sampai kepada daerah-daerah di Indonesia yang jauh dari pusat ekonomi. Dia mencontohkan, untuk saat ini, kontribusi produk domestik bruto (PDB) Indonesia secara keseluruhan, sekitar 80 persen dari Pulau Jawa dan Sumatera.

"Hanya 20 persen yang ada di daerah timur, walau setengahnya masih berada di Kalimantan," ungkapnya.

Teuku Ryan Tidak Terima Dibilang Sikapnya Berubah Setelah Dapat Rp500 Juta dari Ricis

Untuk itu, menurut Anindya, Kadin akan fokus kepada peningkatan pengusaha daerah. Namun, untuk merangsang perekonomian daerah itu, ada dua hal yang perlu dibereskan. Yakni, permasalahan konektivitas dan infrastruktur.

Kedua isu itu diharapkan pada Rapim Kadin bisa dicarikan solusi nyata yang bisa disumbangkan kepada pemerintah untuk menyelaraskan pembangunan antara pengusaha dan pemerintah. (art)

Asisten Pelatih Persib, Miro Petric

Persib Bandung Jaga Kebugaran Jelang Tantang Bali United di Championship Series

Persib Bandung terus mematangkan persiapan jelang championship series Liga 1. Dalam babak semifinal, Maung Bandung akan menghadapi Bali United.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024