Anak Pelukis Widayat: Tak Benar Ada Pencurian

Museum Haji Widayat
Sumber :
  • antarayogya.com

VIVAnews - Pihak Keluarga pelukis Haji Widayat membantah bahwa 141 lukisan yang tersimpan di museum Haji Widayat, Jalan Letna Tukiyat, Magelang, Jawa Tengah telah dicuri.

Anwar Hutomo Kusumo Wardono salah satu putra dari pelukis H Widayat mengatakan bahwa yang terjadi bukanlah pencurian, namun sejumlah ahli waris dari almarhum mengambil hak warisnya berupa lukisan yang disimpan dalam museum tersebut.

"Tidak benar adanya pencurian. Kita mengambil hak waris berupa lukisan milik almarhum bapak," kata Hutomo di Pusat Bantuan Hukum Yogyakarta (PBHY), Jalan Jenggotan No 5 A, Jetis, Yogyakarta, Selasa 15 Januari 2013.

Menurutnya pengambilan hak waris oleh putra dari H Widayat dipicu lebih karena keprihatinan terhadap pengelolaan mesuem yang tidak seperti harapan. Banyak lukisan menjadi tidak terawat dan kondisi museum menjadi tidak ideal.

“Ada delapan dari sembilan ahli waris yang 'mengambil' lukisan-lukisan tersebut. Bahkan, petugas jaga museum memberikan kunci sebelum mengambil lukisan-lukisan tersebut mengunakan truk,” tambahnya.

Lebih lanjut, Hutomo mengatakan terkait adanya delik aduan ke Polres Magelang, pihaknya mengaku sudah mendengar. Namun polisi akan melakukan mediasi kepada para ahli waris yang bersengketa tersebut.

"Tanggal 16 besok, kami diundang untuk mediasi di Polres Magelang. Saya tidak ingin polemik keluarga ini berkembang besar. Semoga besok bisa menemukan jalan terbaik," ujarnya.

Hutomo menambahkan bahwa pengelola museum Haji Widayat selama ini adalah Fajar Purnomosidi dan Diyah Widiyati. Fajar Purnomosidi juga merupakan salah satu putra H Widayat dari istri kedua, Hj  Sumini. Sedangkan Diyah Widiyati merupakan putri H Widayat dari istri pertama, Hj Soewarni.

Pelukis H Widayat selama hidupnya dua kali menikah. Dari pernikahannya pertama dengan Hj Soewarni memiliki lima anak dan dari pernikahannya kedua dengan Hj Sumini memiliki enam anak.

Hutomo menjelaskan bahwa H Widayat meninggalkan harta benda antara lain lukisan karya H Widayat yang tersimpan di Museum H Widayat sebanyak 1.489 lukisan, lukisan karya H Widayat di Galeri Widayat sebanyak 2.109 lukisan.

H Widayat juga mewariskan lukisan karya seniman lain sebanyak 496 lukisan serta barang seni lain karya Widayat maupun bukan. Selain itu masih banyak pula benda-benda tidak bergerak lainnya peninggalan H Widayat. (eh)

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo
RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024