Triliuner Dunia Akuisisi Induk Perusahaan Saus ABC

Warren Buffet
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVAnews - Pada awal 2013, triliuner dunia asal AS, Warren Buffett, terus berekspansi. Berkshire Hathaway, perusahaan investasi miliknya, menggandeng 3G Capital Management, mengakuisisi Heinz, perusahaan yang memproduksi berbagai saus, termasuk saus dan kecap ABC.

Dilansir CNBC, Buffett telah mengincar Heinz sejak tahun lalu, namun kesepakatan baru dapat terlaksana pada awal 2013. Buffett membayar Heinz senilai US$72,50 per saham, termasuk utang perusahaan.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Total, Warren Buffett dan 3G Capital Management menggelontorkan dana hingga US$28 miliar. 3G Capital Management merupakan perusahaan investasi asal Brasil.

Saham Heinz di bursa Wall Street pun melonjak hingga 20 persen setelah pengumuman akuisisi itu.

Heinz memiliki berbagai produk yang telah dikenal, termasuk saus dan kecap ABC yang dijual di Indonesia."Heinz merupakan perusahaan dengan berbagai produk yang fantastis. Saya telah mengamati Heinz sejak 1980," kata Buffett, Jumat, 15 Februari 2013.

Buffett bahkan bercanda setiap kali makan cheeseburger yang selalu menggunakan saus Heinz. "Banyak, banyak sekali saya taburkan saus ke burger," katanya bercanda.

Akuisisi perusahaan besar
Buffett juga menyatakan, pada akhir 2012, Berkshire memiliki uang tunai hingga US$47 miliar. Dia dikenal suka menyediakan dana tunai sekitar US$20 miliar untuk keadaan darurat, sehingga Buffett memiliki "kelebihan uang tunai" sebesar US$27 miliar.

Uang tunai tersebut, menurut Buffett, disiapkan untuk investasi dan akuisisi. "Saya siap untuk 'gajah' (perusahaan besar) lain. Tolong, jika Anda melihat salah satunya di jalan-jalan, silakan telepon saya," kata Buffett bercanda.

Buffett menambahkan, sejak 2011, ia telah merencanakan untuk mengakuisisi perusahaan besar guna mempertahankan pertumbuhan bisnisnya, seiring ekonomi global yang cenderung melemah.

Setelah akuisisi itu, dia akan menyerahkan sepenuhnya manajemen Heinz kepada 3G Capital. "Jorge Paulo Lemann (pemilik 3G Capital) telah mengembangkan sekelompok manajemen yang lebih baik selama bertahun-tahun di Brasil," katanya. (art)

Remaja 17 Tahun Betah Tinggal di Gerbong Kereta Api, Habiskan Ratusan Juta dalam Setahun
Patterns of Hope

Patterns of Hope, Acara Kemanusiaan dari Generasi Muda Jakarta

Acara ini dirancang untuk memberikan semangat dan motivasi kepada anak-anak yang mengidap kanker, sehingga mereka tetap dapat meraih prestasi.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024