Jero Wacik Berharap KPK Segera Putuskan Status Anas

Menteri ESDM Jero Wacik tinjau PLTP Kamojang Garut
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro
VIVAnews -
Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia
Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memberikan keterangan mengenai status Anas Urbaningrum dalam dugaan korupsi proyek Hambalang di Bogor. Jika KPK segera memutuskan nasib Anas, menurutnya, hal itu akan menolong partai Demokrat.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

"Yang kami harapkan statusnya keluar segera, makin cepat makin baik," kata Jero di Gedung DPR, Senin 18 Februari 2013.
5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?


Setelah KPK memutuskan bagaimana status Anas, kata Jero, baru lah seluruh jajaran partai Demokrat akan kembali berkumpul untuk membahas nasib Ketua Umum Demokrat itu.


Meski demikian, Jero menegaskan partainya tak akan campuri keputusan KPK terhadap Anas. "Kami serahkan pada hukum," kata dia.


Sebelumnya, Ketua KPK Abraham Samad pernah menyatakan sepakat menaikkan status Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum sebagai tersangka. Namun, belum dapat diputuskan dalam surat perintah penyidikan karena masih harus berdiskusi dengan pimpinan KPK lainnya.


"Yang ada di kantor ini hanya ada dua pimpinan, yaitu saya dan pak Zul. Jadi kami tidak dapat melakukan diskusi panjang untuk mengambil keputusan," kata Abraham Samad di kantornya, Jumat 8 Februari 2013.


Menurutnya, masih banyak hal-hal yang perlu didiskusikan dan disinergikan dengan pimpinan KPK lainnya. Terutama terkait pengusutan kasus yang tidak mungkin bisa disampaikan ke publik. Sebab kata dia, mekanisme pengambilan keputusan di KPK harus
collective colegial.


"Jadi sudah sepakat, tapi harus tanda tangan semua," ujar Abraham. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya