Jelang Pilkada, MUI Maluku Keluarkan Maklumat Cegah Adu Domba

Cagub-cawagub Maluku, Said Assagaf dan Zeth Sahuburua.
Sumber :
  • ANTARA/Embong Salampessy

VIVAnews – Majelis Ulama Indonesia Provinsi Maluku, Jumat 22 Februari 2013, mengeluarkan maklumat kepada seluruh warga Maluku serta tim sukses dan masing-masing bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku untuk mengedepankan politik santun dalam berbagai tahapan Pilkada Maluku yang puncak perhelatannya akan berlangsung Juni 2013.

MUI Maluku meminta semua bakal calon untuk menjaga kerukunan antarumat beragama, tidak menggunakan politik adu domba, tidak saling sikut, dan tidak melempar fitnah dalam pilkada.

Cuaca Panas di Thailand Kian Mengkhawatirkan, Tewaskan 61 Orang Sepanjang 2024

“Jangan menghalalkan segala cara agar tujuan tercapai. Apapun perbedaan politik kita, persatuan antarwarga harus tetap dijaga, mulai proses kampanye hingga pemungutan suara dan penetapan gubernur nanti,” demikian isi maklumat MUI Maluku yang ditandatangani oleh Ketua MUI Maluku, Idrus E. Toekan.

MUI juga mengimbau kepada para bakal calon yang akan bertarung dalam Pilkada Maluku agar berjiwa besar, siap kalah dan siap menang dalam proses demokratis tersebut. Para bakal calon pun diminta sportif dan tidak melakukan pembunuhan karakter terhadap figur tertentu.

Sementara untuk Komisi Pemilihan Umum Daerah Maluku dan perangkat hukum lainnya, MUI meminta mereka agar selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan, serta berprinsip jujur, adil, dan bermartabat. “Tegakkanlah aturan dan tidak berpihak pada kelompok manapun,” kata Idrus.

Terakhir, MUI meminta seluruh warga Maluku yang memiliki hak suara pada pilkada untuk menggunakan hak politik mereka sebaik-baiknya sesuai bisikan hati nurani masing-masing. “Intinya kami minta agar semua menjaga kedamaian dan kerukunan, agar proses pilkada beran-benar berjalan aman dan damai,” ujar Idrus.

Legenda Skating Jepang Shoma Uno Umumkan Pensiun

Ucapkan Selamat Tinggal, Legenda Skating Jepang Shoma Uno Umumkan Pensiun

Shoma Uno, skater asal Jepang yang telah mendunia, mengumumkan pensiunnya dari dunia skating pada Kamis, 9 Mei 2024. Hal tersebut diumumkan di Instagramnya @shoma_un0.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024