Ekonom ADB: Agus Martowardojo Pindah ke BI Itu Mengejutkan

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo di KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
PKS Buka Peluang Koalisi dengan PDIP, Edy Rahmayadi Berpotensi Diusung jadi Cagub Sumut
- Pengajuan nama Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, sebagai calon tunggal gubernur Bank Indonesia periode 2013-2018, dipandang keputusan yang mengejutkan.

Pertamina Siap Jadi 'Motor' Pengembangan Industri Petrokimia RI

Ekonom Senior dari Asian Development Bank (ADB), Edimon Ginting, menyatakan bahwa dia tidak menyangka Agus akan dicalonkan untuk memimpin bank sentral di Tanah Air.
Puteri Azzahra: Perempuan Pilar Utama Membangun Masa Depan Indonesia yang Berkelanjutan


"Pak Agus Marto sudah melakukan pekerjaan bagus di Kemenkeu. Pindah ke BI tentu mengejutkan," ujar Edimon di Jakarta, Selasa 26 Februari 2013.


Meski demikian, menurut Edimon, pergantian pemimpin bank sentral ini tidak akan menurunkan kondisi Indonesia dalam menghadapi ancaman krisis. Pemerintah dinilai memiliki birokrasi yang berpengalaman yang bisa diandalkan untuk mempertahankan laju perekonomian Indonesia.


"Pergantian
leader
itu barangkali bisa juga penyegaran, paling ada perubahan
style
dan sebagainya. Tapi, yang saya pikir birokrasi sudah pengalaman," katanya.


Mengenai kriteria pengganti Agus di Kementerian Keuangan, Edimon meyakini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, telah mempertimbangkan matang-matang calon yang berpengalaman di bidang keuangan.


Menurut Edimon, tidak tertutup kemungkinan pertukaran posisi antara Agus Martowardojo dan Darmin Nasution. Mengingat Darmin mempunyai pengalaman yang baik di Kementerian Keuangan.


"Menurut saya, Pak Darmin menjadi calon yang penting untuk dipertimbangkan," kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya