Penyakit Mata Mengintai Saat Liburan ke Pantai

liburan pantai berjemur
Sumber :

VIVAlife - Keputusan Anda membawa kaca mata hitam saat berlibur ke pantai tidak salah. Ini bukan sekadar gaya. Anda sedang melindungi salah satu indera penting di tubuh. Mengutip Daily Mail, matahari tak hanya berdampak buruk pada kulit. Bintang terbesar di semesta itu juga bisa merusak mata.

LPS Telah Bayarkan Klaim Simpanan Nasabah Rp 237 Miliar hingga 29 April 2024

Anne Summers, peneliti dari American Academy of Ophthalmology menyebutkan pengaruh sinar UV dari matahari pada setiap bagian mata.

Dampaknya pada kornea, misalnya, bisa sampai mengakibatkan kebutaan sesaat. Itu terjadi saat Anda ke pantai tanpa mengenakan kaca mata. Sepulang dari sana, mata akan terasa berpasir dan sakit seperti terbakar saat malam harinya. Meski tak berdampak panjang, efeknya pada kornea bisa fatal.

Terlebih lagi jika paparan sinar UV merusak retina, bagian mata paling sensitif. Macula, salah satu bagian retina bisa melemah karena sinar matahari. Akibatnya, pandangan Anda bisa tampak buram. Apalagi jika Anda punya mata berwarna biru. Dikabarkan mata itu lebih sensitif pada sinar matahari.

Bagian putih pada mata juga bisa terkena dampaknya. Anda akan mengalami apa yang disebut pinguecula, penebalan konjungtiva pada mata. Akibatnya, muncul bintik kuning di dekat kornea. Memang tidak mengganggu pandangan, namun bisa menyebabkan iritasi dan peradangan.

Apabila penebalan itu sampai menutupi kornea, yang terjadi adalah pterygium, atau lebih dikenal dengan surfer’s eye. Yang ini, tentu sangat membahayakan penglihatan karena bagian dalam mata bisa melebar sampai ke tengah.

Survei LPI: Mayoritas Publik Apresiasi Kinerja Kepala BIN

Katarak, penyakit mata paling populer itu, juga bisa disebabkan paparan sinar matahari. Sinar UV berlebih bisa memengaruhi lensa mata dan mendorong munculnya katarak.

Tak hanya mata, kulit di sekelilingnya pun tak luput dari bahaya sinar matahari. Pasalnya, kulit di bagian itu lebih tipis dibanding bagian lain. Terpapar sinar matahari bisa menyebabkan keriput, penuaan dini, sampai kanker kulit.

Nasdem Bidik Ustaz Kondang Das'ad Latif untuk Diusung di Pilkada Makassar 2024

Menurut Summers, tak ada cara lain melindungi indera penglihatan itu selain mengenakan kaca mata hitam. Pastikan kaca mata hitam Anda bertuliskan "100 percent UV absroption". Topi lebar juga bisa menambah aksesoris Anda. (eh)

ketua DPP PDIP Said Abdullah dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.

PDIP Lempar Sinyal Siap Koalisi dengan PAN Usung Khofifah di Pilgub Jatim

PDIP saat ini tengah merayu Khofifah Indar Parawansa untuk maju di Pilgub Jawa Timur 2024.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024