Pra Piala Dunia Afrika, Ethiopia dan Burkina Faso ke Babak Ketiga

Alan Traore
Sumber :
  • Reuters/Thomas Mukoya
VIVAbola -
Aljazair Lengkapi Wakil Afrika di Piala Dunia 2014
Kejutan terjadi di Pra Piala Dunia 2014 zona Afrika yang telah memasuki laga pamungkas babak kedua. Dua tim kuda hitam, Ethiopia dan Burkina Faso berhasil melaju ke babak ketiga.

Persib Batal Kontrak Pemain Timnas Burkina Faso

Ethiopia memastikan tiket ke babak ketiga usai menekuk Afrika Tengah 2-1, Sabtu 7 September 2013 (Minggu dini hari WIB). Sempat tertinggal lewat gol Salif Keita (23'), Ethiopia membalikkan kedudukan lewat gol Saladin Said (48') dan Minyahil Teshome (61').
Nigeria Jadi Tim Afrika Pertama yang Lolos ke Piala Dunia


Hasil ini membuat Ethiopia memuncaki grup A dengan 13 poin dari 6 laga dan berhak atas tiket ke babak ketiga. Mereka unggul dua poin atas Afrika Selatan di posisi kedua.


Kejutan juga terjadi di grup E. Burkina Faso berhasil lolos usai menekuk Gabon 1-0. Ini menjadi kejutan kedua mereka tahun ini setelah sukses menembus final Piala Afrika.


Burkina Faso dan Ethiopia menyusul langkah 5 negara lain yang telah lolos ke babak ketiga. Kelima negara itu adalah Pantai Gading, Ghana, Nigeria, Mesir, dan Aljazair.


Babak ketiga merupakan babak final Pra Piala Dunia zona CONCACAF. Di babak ini, 10 negara akan melakoni play-off dengan format kandang-tandang. Lima negara akan menjadi wakil Afrika di Piala Dunia.


Hasil Pra Piala Dunia 2014 zona Afrika (sampai pukul 01.00 WIB)

Afrika Selatan 4-1 Botswana

Afrika Tengah 1-2 Ethiopia

Nigeria 2-0 Malawi

Angola 4-1 Liberia

Burkina Faso 1-0 Gabon

Niger 2-2 Kongo
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya