Lawan Ceko, Prandelli Akui Mental Italia Sempat Jatuh

Mantan pelatih Timnas Italia, Cesare Prandelli
Sumber :
  • soccerway.com

VIVAbola - Sukses Timnas Italia menembus Piala Dunia 2014 disambut suka cita oleh pelatih Cesare Prandelli usai mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1 di babak Kualifikasi grup B zona Eropa. Meski meraih kemenangan, Prandelli mengakui mental para pemain Italia sempat terjatuh saat Rep Ceko mencetak gol lebih dulu.

Bertanding di Juventus Stadium, Selasa 10 September 2013 (Rabu dinihari WIB), Rep Ceko sempat mengejutkan lewat gol Libor Kozak di menit 19. Namun, berkat kegigihan tim dan mental juara, Italia berhasil membalas lewat gol Giorgio Chiellini dan penalti Mario Balotelli. Sepasang gol tersebut cukup mengantarkan Gli Azzurri tampil di Brasil tahun depan.

"Kami tentu tidak senang dan tidak ada senyum di ruang ganti (saat jeda babak pertama ketinggalan 0-1). Tapi, saya menekankan kepada para pemain, bukan waktunya untuk bersedih," ujar Prandelli sebagaimana dikutip dari FIFA.

"Saya melihat Italia tim luar biasa. Kami mampu mendapatkan peluang sebanyak empat kali di babak pertama. Saya mengatakan kepada para pemain agar tetap percaya (bisa menang)," Prandelli melanjutkan

Mengawali pertandingan, Prandelli menerapkan formasi 3-4-2-1. Tapi, ia mengubahnya jadi 4-3-3 usai Ceko mencetak gol pertama.

Jerman Unggul 2 Gol Atas Italia di Babak I

"Ide utama adalah kami ingin memiliki banyak pemain tengah dan lawan tidak bisa dengan mudah terus menerus menyerang. Strategi itu bekerja dengan baik."

Mantan pelatih Fiorentina itu memuji ketangguhan para pemainnya untuk membalikkan kedudukan saat memasuki babak kedua. Lewat serangan balik cepat, Italia mampu menaklukkan Ceko. Prediksi Prandelli, Italia bisa membalikkan kedudukan tidak meleset. Italia pun tampil sebagai juara grup B dengan mengemas 20 poin

"Saya tahu kami bisa membalikkan hasil. Kini kami mendapatkan hasil yang pantas berkat tekad kuat. Kami tim hebat yang bisa mencapai batas dan konsisten membangun kualitas," Prandelli menambahkan. (one)

Gelandang Jerman, Mario Goetze rayakan gol

Italia Jadi Korban Keganasan Jerman

Jerman sudah unggul 2 gol di babak pertama.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2016