Menelusuri Lembah Harau, Surga Bagi Pemanjat Tebing

Lembah Harau, Bukittinggi
Sumber :
  • indonesia travel

VIVAlife - Surga bawah laut identik dengan Raja Ampat, sedangkan para pendaki mengakui bahwa Rinjani adalah salah satu gunung terindah di Tanah Air. Tapi, bagi pemanjat tebing, surga mereka adalah Lembah Harau.

Dilansir dari Indonesia Travel, tebing cantik ini bisa ditemukan saat menempuh perjalanan dari Bukittinggi ke arah barat.

Saat para turis mengagumi barisan bukit tinggi yang dibelah hamparan sawah menghijau serta segar air terjun, para pemanjat tebing akan terpesona akan apiknya hamparan bebatuan granit yang menjulang tinggi secara vertikal mencapai 500 meter. Melalui puluhan jalur yang bervariasi, pemanjat pemula hingga tingkat mahir akan menemukan tantangan masing-masing.

Kurang lebih ada 300 titik yang siap dipanjat. Tantangannya terletak pada kecuraman tebingĀ  yang mencapai 90 derajat dengan ketinggian mencapai 200 meter. Pagar tebing yang curam dan cadas turut menciptakan relief-relief yang cantik yang bisa dinikmati sembari memanjat.

Sebelum menjajaki tebing, dibutuhkan perjuangan keras menelusuri hutan perawan. Namun jika sudah sampai di puncak, semua perjuangan terbayar. Pemandangannya sangat luar biasa, wisatawan dapat melihat wilayah Bukittinggi dari kejauhan.

Jika tidak tertarik memanjat dindingnya, kawasan Lembah Harau juga menawarkan kegiatan rekreasi lain seperti menjelajahi gua atau menikmati air terjun. Terdapat tiga air terjun yang siap memanjakan mata pengunjung.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

Singgahkan diri sejenak di Sarasah Bunta, air terjun yang mengalirkan air tawar dari dataran tinggi. Di kaki air terjun ini juga terdapat monumen peninggalan Belanda, yang sekaligus menjadi bukti bahwa Lembah Harau sudah mempesona banyak orang sejak 1926.

Sarasah Aie Luluih juga tak ketinggalan, air jernihnya melewati dinding batu dan mengalir ke kolam mandi yang alami. Selain itu, membasuh muka dengan air tersebut dipercaya dapat mengobati jerawat dan awet muda. Sedangkan jika bermain air di Sarasah Murai, niscaya pengunjung akan enteng jodoh. (ren)

Fuji dan Denny Sumargo

Diramal Bakal Menikah dengan Mayor Teddy, Begini Reaksi Mengejutkan Fuji

Sudah sering kali diramal, mantan kekasih Thariq Halilintar Fuji ini akhirnya mengaku capek dan risih. Tapi gimana jika diramal nikah dengan Mayor Teddy?

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024