Trik Agar Selalu Penuh Stamina

Ilustrasi wanita semangat di senin pagi.
Sumber :
VIVAlife - Rutinitas sehari-hari membuat Anda selalu merasa lelah? Saatnya belajar dari para generasi yang lebih tua.
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Dalam sebuah studi baru-baru ini, ilmuwan Ilmu Politik dan Ekonomi London School menemukan, mereka yang telah berumur, 28 persen merasa lebih segar dan tidak lelah dibandingkan orang dewasa muda.
Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Selama penelitiannya, peneliti telah menyesuaikan dengan waktu tidur, pekerjaan dan kesehatan umum. Hasilnya, orang dewasa yang lebih tua, lebih dapat mengendalikan pengalaman emosional mereka.
5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

"Mereka yang lebih tua, fokus menyelesaikan tugas. Bukan bagaimana perasaan mereka terhadap apa yang mereka kerjakan, atau apa yang dapat mereka lakukan selanjutnya, yang sering terjadi pada orang dewasa muda," ujar penulis studi Laura Kudrna, Ph.D. seperti dimuat dalam Mens Health.

Cara lainnya, adalah mematikan gadget dan teknologi yang menguras energi. Kudrna menjelaskan, senior cenderung menggunakan ponsel pintar dan komputer lebih jarang, daripada mereka yang lebih muda. Coba istirahatkan akun Twitter selama beberapa hari.

Dan yang berikutnya, jangan terlalu banyak merenung. Sebuah studi di Jerman menemukan, dibandingkan dengan orang dewasa muda, mereka yang lebih tua lebih jarang merenung atas kegagalan dan kesulitan yang dialami. Alhasil, orang yang lebih tua merasa lebih puas dengan kehidupan mereka. Dan juga lebih kebal terhadap depresi yang menguras energi. 

Untuk itu, hindari cermin. Meski terdengar konyol menyaksikan refleksi diri sendiri akan meningkatkan perasaan tertekan yang  cenderung dihindari para warga senior. Ini terbukti dari studi peneliti Institute of Psychiatry di London. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya