Jaga Pasokan Bahan Pangan, PD Pasar Jaya Gandeng RNI

Sumber :
VIVAnews
Usai Tertibkan Jukir Liar, Apa Solusi Berikutnya dari Pemprov Jakarta?
- Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PD Pasar Jaya bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan di wilayah Jakarta.

Chery Indonesia Recalls Omoda 5 Over Rear Axle Problems

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Djangga Lubis, Senin 23 Desember 2013, menjelaskan bahwa program yang melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini sekaligus bertujuan meningkatkan ketahanan pangan.
Kepala BMKG: Pencarian Korban Banjir Lahar Hujan Sumatra Barat Efektif saat Pagi


Menurut Djangga, kerja sama dengan RNI yang merupakan BUMN yang bergerak di sektor komoditas pertanian itu diperlukan untuk menjamin ketersediaan bahan pangan. Pada saat menjelang perayaan hari besar keagamaan, seperti Idul Fitri dan Natal, permintaan bahan pangan pokok di pasar biasanya lebih tinggi. Jika masalah kelangkaan beberapa komoditas sembako bisa diatasi, maka kenaikan harga bahan pangan tidak melonjak drastis.


"Dengan PT Rajawali itu kami bekerja sama. Mereka kan punya beras, gula, daging, minyak goreng. Jadi nanti produk komoditi itu pemasarannya melalui pasar kami," ujar Djangga di Balai Kota, Jakarta.


Kerja sama ini, ia melanjutkan, mulai berlaku 2014. Polda Metro Jaya juga dilibatkan untuk mendukung program ini dalam pelayanan keamanan di pasar yang dikelola PD Pasar Jaya.


"Jadi bukan hanya soal ketersedian pangan. Pasar itu pun harus tenteram dan nyaman," kata Djangga.


Djangga menambahkan, PD Pasar Jaya juga telah menandatangani Nota Kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk meningkatkan pengawasan terhadap beredarnya bahan-bahan makanan yang bercampur dengan bahan berbahaya di pasar-pasar.


"Jadi kami ada 4 MoU tahun ini terkait keamanan pasar, pemasaran pangan, keperdataan pasar, dan pengawasan bahan makanan di pasar," kata Djangga.


Direktur Utama PT Rajawali Nasional Indonesia, Ismed Hasan Putro, dalam kesempatan yang sama menyatakan kerjasama ini untuk merespon kebutuhan masyarakat terhadap bahan pangan yang semakin tinggi.


Menurut Ismed, populasi masyarakat di ibu kota Jakarta sangat besar dan membutuhkan jaminan pangan dengan harga sesuai kondisi riil penduduk.


"Dalam konteks ini, RNI hanya berfungsi menjadi peyangga PD Pasar Jaya dalam menyiapkan produk-produk konsumtif yang dibutuhkan oleh masyarakat Jakarta," kata Ismed.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya